Cara Meringkas Jurnal dengan Cepat Tahun 2023

Cara Meringkas Jurnal dengan Cepat Tahun 2023

Dalam bidang kedokteran dan kesehatan, meringkas jurnal merupakan keterampilan penting bagi para peneliti dan profesional yang ingin menghemat waktu dan mempercepat pemahaman terhadap informasi yang terkandung dalam jurnal ilmiah. Dalam panduan ini, saya akan membahas beberapa teknik yang dapat membantu Anda meringkas jurnal dengan cepat dan efektif.

Ilustrasi Meringkas Jurnal
Ilustrasi Meringkas Jurnal Photo by Cathryn Lavery on Unsplash

Langkah-Langkah Cara Meringkas Jurnal dengan Cepat

Berikut adalah langkah-langkah cara meringkas jurnal dengan cepat untuk bidang kedokteran dan kesehatan:

 

Membaca Judul, Abstrak, dan Bagian-Bagian Penting Lainnya

Membaca judul, abstrak, dan bagian-bagian penting lainnya akan membantu Anda memahami topik yang dibahas dalam jurnal. Pastikan Anda membaca dengan teliti dan mencatat poin-poin utama yang ingin Anda rangkum.

 

Mencatat Poin-Poin Utama atau Temuan Penting

Setelah membaca, buatlah daftar poin-poin utama atau temuan penting yang ingin Anda catat. Hal ini akan membantu Anda mempertahankan fokus dan menghindari kebingungan saat membaca jurnal.

 

Mengidentifikasi Kalimat-Kalimat Penting

Baca setiap bagian jurnal dan identifikasi kalimat-kalimat penting dalam setiap bagian. Cobalah untuk merangkum setiap kalimat dalam satu atau dua kata kunci yang merepresentasikan isi kalimat tersebut.

 

Membuat Rangkuman Singkat

Setelah Anda menyelesaikan pembacaan dan pencatatan poin penting serta identifikasi kalimat-kalimat penting, buatlah rangkuman singkat dari informasi yang telah Anda pelajari. Pastikan untuk mengorganisir poin-poin tersebut menjadi satu paragraf yang mudah dibaca dan dimengerti.

 

Meninjau dan Memperbaiki Rangkuman

Terakhir, tinjau kembali rangkuman Anda untuk memastikan bahwa Anda telah mencakup informasi penting yang terkandung dalam jurnal. Pastikan juga bahwa rangkuman Anda mencakup informasi tentang tujuan jurnal, metodologi yang digunakan, temuan utama, dan kesimpulan. Jika perlu, perbaiki dan edit rangkuman Anda sehingga terdengar lebih jelas dan singkat.

 

Mari kita bahas lebih rinci satu per satu langkah di atas.

 

Membaca Judul, Abstrak, dan Bagian-Bagian Penting Lainnya dalam Cara Meringkas Jurnal dengan Cepat

Berikut adalah langkah-langkah membaca judul, abstrak, dan bagian-bagian penting lainnya dalam cara meringkas jurnal dengan cepat:

 

Baca Judul dengan Teliti

Judul jurnal adalah ringkasan singkat dari isi keseluruhan artikel. Baca judul dengan teliti untuk memahami topik yang dibahas dalam jurnal.

 

Baca Abstrak secara Cermat

Abstrak adalah ringkasan singkat yang menjelaskan isi keseluruhan jurnal, termasuk tujuan jurnal, metodologi yang digunakan, temuan utama, dan kesimpulan. Baca abstrak secara cermat untuk memahami secara umum apa yang dibahas dalam jurnal.

 

Skim Bagian-Bagian Penting Lainnya

Setelah membaca judul dan abstrak, skim bagian-bagian penting lainnya seperti pendahuluan, metode, hasil, dan kesimpulan. Cari informasi penting seperti tujuan jurnal, populasi sampel, hasil penelitian, dan kesimpulan yang ditarik.

 

Mencatat Poin-Poin Utama atau Temuan Penting

Saat Anda membaca jurnal, buatlah daftar poin-poin utama atau temuan penting yang ingin Anda catat. Hal ini akan membantu Anda mempertahankan fokus dan menghindari kebingungan saat membaca jurnal.

 

Langkah Mengidentifikasi Kalimat-Kalimat Penting

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengidentifikasi kalimat penting dalam cara meringkas jurnal dengan cepat di bidang kedokteran dan kesehatan:

 

  1. Baca judul dan abstrak jurnal dengan cermat untuk memahami topik utama dan tujuan penelitian.
  2. Periksa daftar isi untuk menemukan bagian yang paling relevan dengan topik yang ingin disorot.
  3. Skim bahan-bahan penting seperti grafik, tabel, dan diagram yang memberikan informasi kunci.
  4. Perhatikan subjudul dan kalimat pertama dari setiap paragraf untuk mendapatkan ide umum tentang konten yang terkandung di dalamnya.
  5. Baca kalimat pertama dan terakhir dari setiap paragraf untuk memahami konteks dan ide utama dari setiap bagian.
  6. Fokus pada kata-kata kunci seperti hipotesis, hasil, kesimpulan, dan implikasi praktis untuk membantu mengidentifikasi kalimat penting.
  7. Jangan terjebak pada detail yang tidak relevan atau perincian yang tidak perlu.
  8. Buat catatan singkat tentang ide utama dan temukan cara untuk menggabungkan atau mempersingkat informasi tanpa mengubah makna asli kalimat.
  9. Tulis kembali catatan singkat dalam bentuk kalimat pendek dan jelas yang mencakup inti dari keseluruhan artikel.

 

Dalam mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi kalimat-kalimat penting dalam jurnal kedokteran dan kesehatan dan membuat ringkasan yang singkat dan jelas. Namun, pastikan untuk tetap mempertahankan integritas informasi dan makna asli dari sumbernya.

 

Teknik Membuat Rangkuman Singkat dalam Cara Meringkas Jurnal dengan Cepat

Berikut adalah beberapa teknik yang dapat digunakan untuk membuat rangkuman singkat dalam cara meringkas jurnal dengan cepat:

 

  1. Identifikasi tujuan dan topik utama dari jurnal, serta temukan ide utama dari setiap paragraf.
  2. Fokus pada kalimat-kalimat penting seperti hipotesis, hasil, kesimpulan, dan implikasi praktis.
  3. Gunakan kalimat pendek dan jelas yang mencakup inti dari keseluruhan artikel.
  4. Jangan terlalu banyak memasukkan detail yang tidak relevan atau perincian yang tidak perlu.
  5. Buat rangkuman singkat yang mencakup semua informasi penting dalam artikel, tetapi tetap mempertahankan makna asli dan integritas informasi.
  6. Buat paragraf singkat yang merangkum keseluruhan jurnal, atau buat beberapa poin poin penting untuk memberikan gambaran umum tentang artikel.
  7. Lakukan edit dan revisi untuk memastikan bahwa rangkuman singkat cukup jelas, padat, dan mudah dimengerti oleh pembaca.

 

Dalam cara meringkas jurnal dengan cepat, teknik-teknik ini dapat membantu Anda membuat rangkuman singkat yang efektif dan efisien, tanpa mengorbankan integritas informasi dari sumbernya. Penting juga untuk memahami bahasa ilmiah dalam jurnal kedokteran dan kesehatan, serta memerhatikan terminologi dan frasa yang sering digunakan dalam bidang tersebut.

 

Langkah Mengedit dan Merevisi Rangkuman Jurnal

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk mengedit dan merevisi rangkuman jurnal:

 

  1. Baca kembali rangkuman jurnal dengan cermat untuk memastikan bahwa semua informasi penting telah dimasukkan.
  2. Periksa ulang setiap kalimat dan pastikan bahwa bahasa yang digunakan mudah dipahami dan jelas.
  3. Hapus kata-kata yang tidak perlu atau berulang-ulang dan pastikan setiap kalimat berguna dan penting.
  4. Pastikan bahwa rangkuman tetap menjaga integritas informasi asli dan tidak memutarbalikkan makna dari sumbernya.
  5. Pastikan bahwa struktur rangkuman sesuai dengan struktur jurnal aslinya, seperti pengenalan, metodologi, hasil, dan kesimpulan.
  6. Gunakan format yang mudah dibaca, seperti pembuatan paragraf, titik atau garis bawah untuk menyoroti poin penting.
  7. Edit kembali rangkuman secara keseluruhan dan pastikan bahwa bahasa, tata bahasa, dan ejaan telah diperbaiki dengan baik.
  8. Beri kesempatan kepada orang lain untuk membaca rangkuman Anda dan meminta masukan mereka.
  9. Lakukan revisi berdasarkan masukan yang diterima dan pastikan bahwa rangkuman akhir memiliki kelengkapan, akurasi, dan kejelasan.

 

Dalam mengedit dan merevisi rangkuman jurnal, pastikan bahwa setiap kalimat memiliki nilai dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ringkasan secara keseluruhan. Tetap memperhatikan tujuan rangkuman, serta pastikan bahwa sumber aslinya tetap dihormati dan informasi penting tidak hilang. Terakhir, selalu lakukan revisi dan edit ulang untuk memastikan bahwa rangkuman terlihat dan terdengar profesional dan mudah dipahami.

 

Pesan dr. Rifan

Itulah teknik-teknik yang dapat digunakan dalam cara meringkas jurnal dengan cepat, serta langkah-langkah untuk mengedit dan merevisi rangkuman jurnal. Penting untuk mempertimbangkan bahasa ilmiah dan terminologi yang digunakan dalam bidang kesehatan dan kedokteran saat membuat rangkuman singkat.

 

Selain itu, rangkuman harus memuat semua informasi penting dalam artikel dan tetap menjaga integritas informasi asli dari sumbernya.

 

Proses mengedit dan merevisi rangkuman juga sangat penting untuk memastikan bahwa rangkuman akhir memiliki kelengkapan, akurasi, dan kejelasan. Dalam mengedit dan merevisi, pastikan bahwa setiap kalimat memiliki nilai dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap rangkuman secara keseluruhan.

 

Terakhir, selalu lakukan revisi dan edit ulang untuk memastikan bahwa rangkuman terlihat dan terdengar profesional dan mudah dipahami.

 

Referensi

  1. How to Read a Paper: The Basics of Evidence-Based Medicine” oleh Trisha Greenhalgh
  2. “Writing and Publishing in Medicine” oleh Edward J. Huth
  3. “Medical Writing: A Guide for Clinicians, Educators, and Researchers” oleh Robert B. Taylor
  4. “Medical Writing: A Prescription for Clarity” oleh Neville W. Goodman
  5. The Essentials of Writing Biomedical Research Papers” oleh Mimi Zeiger

Dr. Rifan Eka Putra Nasution, CPS., CTPS. Lahir di Aek Kanopan, Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, 29 Oktober 1992. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di kota kelahiran lalu menyelesaikan pendidikan tingginya pada Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.Dr. Rifan mendapatkan medali Emas pada Olimpiade Kedokteran Regional Sumatera Pertama untuk cabang Kardiovaskular-Respirologi dan menghantarkan dirinya menjadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Syiah Kuala pada tahun 2013. Pada tahun 2014, ia mendapatkan penghargaan Mahasiswa Kedokteran Berprestasi Se-Sumatera dari ISMKI Wilayah I. Beliau juga aktif menulis di Media Online dan Situs Kedokteran dan Kesehatan lainnya dan juga memiliki ketertarikan terkait proses pembelajaran serta ilmu komunikasi terutama terkait dengan public speaking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terkait