Terminologi kedokteran atau dikenal juga sebagai istilah medis adalah sekumpulan istilah yang digunakan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan anatomi dan fisiologi manusia (organ, sistem dan fungsinya), penyakit, gambaran klinis, pencitraan diagnostik, uji laboratorium dan bahkan diagnosa penyakit. Istilah-istilah ini digunakan untuk memudahkan komunikasi antara stu dokter dengan dokter lainnya karena biasanya istilah yang digunakan akan lebih ringkas dan jelas. Misalnya istilah Apendisitis maka diartikan sebagai radang (infeksi) pada usus buntu.

terminologi Kita seharusnya berterimakasih kepada orang yunani dan romawi, yang telah meletakkan dasar-dasar istilah medis ini. Khususnya kepada Hipokrates dan Aristoteles, karena 2000 tahun yang lalu mereka telah menyadari pentingnya kebutuhan akan bahasa medis yang deskriftif spesifik dan mulai membuat kata-kata yang cocok untuk bagian tubuh dan fungsi sistem ataupun organ tertentu. Sekarang meskipun kita kadang mengutuk mereka atau mengutuki betapa sulitnya untuk mempelajari istilah kedokteran, maka ada baiknya meluangkan waktu untuk berterimakasih kepada orang-orang yang terlahir lebih dulu dari pada kita. Yang telah menyelamatkan dunia kedokteran dari kebingungan.

Kedokteran pada awalnya berkembang di Yunani, namun bahasa latin adalah bahasa yang banyak digunakan dalam istilah medis atau kedokteran. Hal ini terjadi akibat perekembangan dunia kedokteran yang melesat cepat di zaman romawi. Istilah kedokteran mulai berkembang pada tahun 1800-an dimana kamus istilah kedokteran pertama muncul pada tahun 1830-an tak lama setelah Kamus Webster’s pertama diterbitkan.

Nah, untuk memudahkan diri kita dalam memahami istilah kedokteran maka dibawah ini ada beberapa link tempat referensi istilah kedokteran yang terpercaya. Karena lebih baik duduk didepan komputer, smartphone, ataupun tablet dan gadget lainnya dari pada harus keperpustakaan untuk mencari buku yang tebalkan?

  1. Medterms.com
  2. Medilexicon.com
  3. Merriam-Webster’s Medical Desk Dictionary
  4. webMD.com
  5. Dorland’s Illustrated Medical Dictionary
  6. Medical Terminology Systems Quick Study Guide

Kalau untuk bahasa indonesia sampai saat ini kami belum menemukan referensi untuk yang onlinenya tapi kalau dalam bentuk buku ada beberapa kamus yang telah diterjemahkan ke bahasa indonesia. Jadi dari pada tidak dapat mengerti atau susah mengerti bahasa inggris, masih bisa minta bantuan ke google translate.

By Rifan Eka Putra Nasution

Dr. Rifan Eka Putra Nasution, Lahir di Aek Kanopan, Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, 29 Oktober 1992. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di kota kelahiran lalu menyelesaikan pendidikan tingginya pada Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.Dr. Rifan mendapatkan medali Emas pada Olimpiade Kedokteran Regional Sumatera Pertama untuk cabang Kardiovaskular-Respirologi dan menghantarkan dirinya menjadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Syiah Kuala pada tahun 2013. Pada tahun 2014, ia mendapatkan penghargaan Mahasiswa Kedokteran Berprestasi Se-Sumatera dari ISMKI Wilayah I.Saat ini beliau bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan Jabatan Dokter Ahli Pertama di UPTD Puskesmas Sukarame, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.Beliau juga aktif menulis di Media Online dan Situs Kedokteran dan Kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.