referensi ilmiah

Rintangan Dalam Menemukan Referensi Skripsi

Skripsi merupakan karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya. Karangan atau karya ilmiah sendiri merupakan laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Sehingga, untuk membuat skripsi menjadi baik maka dibutuhkan referensi skripsi yang baik pula.

 

Menemukan referensi skripsi yang baik terkadang cukup sulit untuk dilakukan, artikel ini memberikan gambaran terkait dengan hambatan dalam menemukan referensi yang baik dan beberapa hal untuk mengatasi hambatan tersebut.

Hal-hal yang menyebabkan kesulitan dalam menemukan referensi skripsi yang tepat dan baik.

1. Pertumbuhan publikasi karya ilmiah yang begitu cepat

Pertumbuhan publikasi karya ilmiah belakangan ini terjadi dengan sangat pesat. Publikasi karya ilmiah dalam jurnal meningkat 2 kali lipat pada tahun 1950 dalam setiap 10 tahun hingga saat ini meningkat 2 kali lipat hanya dalam 1 tahun. Kondisi ini akan meningkat 2 kali lipat setiap 73 hari pada tahun 2020.

Banyaknya jumlah publikasi ilmiah ini disertai dengan menurunnya beberapa kualitas terbitan karya ilmiah dengan munculnya jurnal-jurnal yang tidak lagi sepenuhnya mempertimbangkan kaidah dan etika keilmuan.

Kualitas publikasi ilmiah yang berkurang dan banyaknya jumlah publikasi ilmiah ini akan menyulitkan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi atau tugas akhirnya menemukan referensi skripsi yang tepat untuk karya ilmiahnya.

 

2. Hambatan dalam penggunaan bahasa dan istilah

Sebagian besar publikasi ilmiah yang terbit pada jurnal didominasi oleh bahasa Inggris. Hal ini menyebabkan pemahaman terhadap bahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk mengerti apa yang seorang penulis karya ilmiah ingin sampaikan terkait dengan penelitiannya.

Kondisi ini menyulitkan mahasiswa dalam menemukan referensi yang tepat bagi skripsi atau tugas akhirnya. Beberapa mahasiswa hanya melakukan pencarian referensi atau jurnal untuk skripsinya dalam bahasa Indonesia. Indonesia sendiri hingga saat ini belum banyak melakukan publikasi ilmiah sehingga referensi untuk topik tertentu cukup terbatas.

Terkadang hanya dibutuhkan sedikit usaha dan tekad yang kuat untuk tidak menyerah hanya karena hambatan bahasa, maka jurnal referensi untuk topik skripsi dapat ditemukan dengan mudah.

Meskipun, terdapat kesulitan dalam menerjemahkan jurnal, kita dapat menggunakan bantuan alat-alat translasi (misalnya google translate) untuk membantu kita dalam memahami jurnal tertentu.

Selain hambatan bahasa, istilah yang digunakan dalam pencarian referensi skripsi juga menjadi masalah lainnya. Istilah-istilah ilmiah tertentu dalam bahasa Indonesia terkadang harus dicari padanan katanya dalam bahasa Inggris. Sebab, tidak semua istilah tersebut merupakan terjemahan langsung dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

Jika, istilahnya yang tepat sudah ditemukan maka pencarian referensinya akan lebih mudah dilakukan.

menulis skripsi

3. Tidak melakukan pencarian dengan menggunakan metode pencarian tertentu

Mahasiswa yang melakukan pencarian jurnal untuk referensi skripsi terkadang hanya melakukan pencarian dengan mengetik keseluruhan judul tugas akhir atau skripsi yang akan dia tulis pada mesin. Kondisi ini akan mengakibatkan munculnya ribuan bahkan puluhan ribu hasil pencarian yang akan sulit untuk disaring mana yang baik dan tepat sebagai referensi.

Di bawah ini terdapat beberapa metode yang dapat membantu dalam menemukan referensi yang tepat:

A. Pencarian Kata Kunci

Kata kunci merupakan sebuah kata atau frasa yang digunakan untuk menunjukkan topik yang dibahas oleh suatu jurnal. Bila kita menemukan istilah kata kunci yang tepat bagi skripsi atau tugas akhir maka kita hanya perlu memasukkan kata kunci tersebut dalam kolom pencarian. Tidak perlu memasukkan seluruh judul skripsi dalam kolom pencarian tersebut.

 

B. Pencarian dengan Operator Boolean

pencarian kata kunciBila ingin mencari referensi dengan satu atau lebih kata kunci maka sebaiknya kita menggunakan operator boolean. Operator Boolean adalah istilah yang digunakan untuk bahasa pemograman dimana terdiri dari operator AND, OR, dan NOT. Apabila kita ingin mencari 2 atau lebih kata kunci dalam satu kali pencarian maka dapat menggunakan operator AND. Misalnya kita ingin melakukan pencarian filsafat dan islam, maka kalau kita menuliskan hanya filsafat islam hasil pencariannya akan menemukan kata filsafat islam, filsafat saja, atau islam saja, atau filsafat dan islam dalam frasa terpisah.

Bila menggunakan operator AND maka kita melakukan pencarian filsafat islam dengan memasukkan AND antara kata filsafat dan islam, hasil pencariannya akan menampilkan seluruh halaman dengan frasa filsafat islam.

Cara mudah lain untuk menemukan frasa filsafat islam dimana kata filsafat dan islam terletak berdampingan maka cukup ketikkan: “filsafat islam” (dengan tanda kutip) dalam kolom pencarian.

 

C. Pencarian dengan Metode PICO (khusus kedokteran dan kesehatan)

PICO merupakan salah satu metode yang akan memudahkan pencarian referensi skripsi dibidang kedokteran dan kesehatan. PICO berisi pertanyan digunakan untuk membantu dalam memperjelas apa yang hendak  docari dan sebagai alat bantu untuk menentukan kata kunci yang dipakai untuk menemukan referensi. Pertanyaan yang baik harus memuat 4 hal PICO (pasien, intervensi , comparison, outcome).

Pasien/Populasi/PenyakitSeperti apa karakteristik pasien kita (poin-poin penting saja).

Bisa dimasukkan di dalamnya

  • hal-hal yang berhubungan atau relevan dengan penyakit pasien seperti usia , jenis kelamin atau suku bangsa.
  • hal-hal mengenai masalah, pemyakit atau kondisi pasien
Intervensi/Prognosis/ExposureBerisikan hal sehubungan dengan intervensi yang diberikan ke pasien

  • Apakah tentang meresepkan suatu obat ?
  • Apakah tentang melakukan tindakan ?
  • Apakah tentang melakukan tes dignosis?
  • Apakah tentang menanyakan bagaimana prognosis pasien ?
  • Apakah tentang menanyakan apa yang menyebabkan penyakit pasien ?
Comparison (perbandingan)Tidak harus selalu ada pembandingnya. Pembanding bisa dengan plasebo atau obat yang lain atau tindakan terapi yang lain
OutcomeHarapan yang anda inginkan dari intervensi tersebut,seperti

  • Apakah berupa pengurangan gejala ?
  • Apakah berupa pengurangan efek samping ?
  • Apakah berupa perbaikan fungsi atau kualitas hidup ?
  • Apakah berupa pengurangan jumlah hari dirawat RS ?

Contoh kasus:

Seorang wanita Ny Susi , 28 th G1P0A0 hamil 36 minggu datang ke dokter ingin konsultasi mengenai cara-cara melahirkan. Ibu Susi punya pengalaman kakaknya divakum karena kehabisan tenaga mengejan , anaknya saat ini 6 tahun menderita epilepsi dan kakaknya harus dijahit banyak pada saat melahirkan.Ia tidak mau melahirkan divakum. Dia mendengar tentang teknik yang menggunakan forsep. Dia bertanya yang mana yang lebih aman untuk ibu dan bayi.

Maka kata kunci dari pertanyaan yang mungkin diajukan adalah:

  • Pasien : melahirkan, kala II lama
  • Intervensi : vakum
  • Comparison : forcep
  • Outcome : aman untuk ibu dan bayi

 

4. Hanya melakukan pencarian di mesin pencari

Melakukan pencarian referensi skripsi di mesin pencari akan memakan waktu yang sangat banyak untuk menemukan jurnal yang tepat. Bila ingin menghemat waktu dan menemukan referensi yang baik serta tepat untuk skripsi atau tugas akhir maka silakan masuk ke website tertentu lalu lakukan pencarian jurnal disana.

Semoga tips ini dapat bermanfaat dan semoga dimudahkan dalam melakukan pencarian referensi skripsi yang baik dan tepat.

Berikan Komentar Di Sini
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.