Tingkat Kecanduan Anda Terhadap Nikotin: Tes Fagerstrom

Tingkat kecanduan terhadap nikotin dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. Pilih salah satu jawaban yang paling cocok dalam mendeskripsikan prilaku merokok anda.

tingkat kecanduan

Tes Fagerstrom Untuk Kecanduan Nikotin

Interpretasi Hasil Tes

Skor 1-2 : tingkat kecanduan rendah

Skor 3-4: tingkat kecanduan rendah-sedang

Skor 5-7: tingkat kecanduan sedang

Skor 8+: tingkat kecanduan tinggi

Keterangan terkait interpretasi hasil Tes Fagerstrom

Skor 1-2

Perokok yang mendapatkan skor 1-2 setelah melakukan Tes Fagerstrom diklasifikasikan sebagai perokok dengan tingkat kecanduan rendah terhadap nikotin. Hasil ini menyatakan bahwa perokok tersebut tidak membutukan terapi penganti nikotin (NRT) apabila memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Meskipun demikian, Perokok dengan hasil skor 1-2 tetap direkomendasikan untuk dimonitoring terhadap gejala withdrawal terhadap nikotin.

Skor 3-4

Perokok yang mendapatkan skor 3-4 pada tes ini diklasifikasikan sebagai perokok dengan tingkat kecanduan rendah hingga sedang terhadap nikotin. Perokok dengan tingkat kecanduan ini harus mendapatkan terapi pengganti nikotin (NRT) berupa koyo (pacth) nikotin,  inhaler nikotin, atau permen nikotin (atau permen karet). Rekomendasi dosis dari terapi pengganti nikotin dapat dilihat pada link berikut.

Rekomendasi dosis terapi pengganti nikotin

Skor 5-7

Perokok yang mendapatkan skor 5-7 pada tes ini diklasifikasikan sebagai perokok dengan tingkat kecanduan sedang terhadap nikotin. Perokok dengan tingkat kecanduan ini harus mendapatkan terapi pengganti nikotin (NRT) berupa koyo (pacth) nikotin,  inhaler nikotin, atau permen nikotin (atau permen karet). Selain itu, pasien juga terkadang membutuhkan terapi pengganti nikotin kombinasi dengan permen atau permen karet nikotin.

Skor 8+

Perokok yang mendapatkan skor 8 atau lebih dari delapan diklasifikasikan sebagai perokok dengan tingkat kecanduan yang tinggi. Perokok ini harus mendapatkan terapi pengganti nikotin kombinasi.

Berapa pun skor yang anda dapatkan, seorang dokter atau terapis tetap dapat membantu anda menghentikan kebiasaan buruk merokok.

 

 

 

 

1.Seberapa cepat Anda merokok setelah bangun tidur?
2.Apakah anda sangat sulit untuk menahan keinginan merokok saat anda berada pada lokasi yang melarang merokok (mis. Sekolah, Rumah Sakit, Kampus dan lain-lain)?
3.Waktu merokok mana, yang anda rasa paling sulit untuk anda hentikan?
4.Berapa batang rokok yang anda hisap setiap harinya?
5.Apakah anda sering merokok pada pagi hari?
6.Apakah anda tetap merokok meskipun anda sedang sakit?

Berikan Komentar Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.