Gaya Belajar dan Manfaatnya Saat Menghadapi Ujian

Mengapa Gaya Belajar Penting

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda dalam melihat berbagai hal di dunia, bagaimana mereka menerima informasi, dan bagaimana mereka mengambil tindakan berdasarkan persepsi mereka. Perbedaan ini merupakan suatu anugerah yang sangat oleh pikiran manusia. Kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk cenderung memusatkan pikiran dan membentuk pola pikir disebut sebagai jenis psikologis. Jenis psikologis yang dikombinasikan dengan pola dalam mempelajari suatu informasi baru, keinginan untuk belajar dan motivasi belajar saat menggunakan preferensi organ sensoris tertentu disebut sebagai gaya belajar.

gaya belajar

Mengenali dan mengoptimalkan gaya belajar dapat membantu dan meningkatkan kemampuan belajar kita secara efisien. Efisiensi ini akan memudahkan kita mencapai tujuan belajar yang telah kita tetapkan.

Jika seseorang belajar dengan mengoptimalisasi gaya belajar mereka maka orang -orang ini akan dapat meningkatkan keterampilan dan nilai. Menguasai teknik dalam menggunakan gaya belajar tertentu juga memudahkan seseorang menerima informasi dan mempercepat pengambilan keputusan berdasarkan informasi tersebut.

Ujian menjadi mudah dengan penerapan gaya belajar

Apakah kita pernah merasa frustasi karena hasil ujian yang kita dapatkan kurang memuaskan? Kita belajar keras, tapi nilai ujian yang didapatkan menurut kita tidak sesuai dengan usaha yang kita lakukan. Terkadang muncul perasaan iri mengapa orang lain yang menurut kita lebih banyak menghabiskan waktunya untuk melakukan kegiatan lainnya seperti berorganisasi atau bermain-main dan waktu belajarnya lebih sedikit daripada kita malah mendapatkan nilai yang lebih tinggi.

Pepatah mengatakan bahwa “Tiada hasil yang menghianati usaha”. Tapi mengapa kita yang usaha belajarnya lebih besar dibandingkan orang lain di sekitar kita tetap mendapatkan nilai yang lebih rendah? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah kita belum berusaha untuk mengenali gaya belajar dan menggunakan teknik berdasarkan gaya belajar kita. Sedangkan orang yang menurut kita lebih sedikit belajarnya telah berusaha untuk menguasi gaya belajar mereka dan menerapkan tekniknya setiap kali mereka belajar.

Sebuah studi psikologi menunjukkan bahwa keberhasilan dalam bidang pendidikan sangat berhubungan dengan kesadaran seseorang terhadap metode apa yang dapat dia gunakan untuk memperoleh informasi baru dan apa yang akan orang tersebut lakukan dengan informasi yang telah dipelajarinya tersebut.

Kesadaran kita terhadap strategi pembelajaran dan kesadaran bagaimana dan kapan kita harus menggunakan strategi belajar tertentu akan sangat mempengaruhi keberhasilan kita dalam menguasai pengetahuan yang baru dan lulus dari setiap ujian.

Selama 3,5 tahun pendidikan kedokteran, prestasi pendidikan kedokteran akan cenderung diukur dengan menggunakan ujian. Keberhasilan pada ujian akan sangat bergantung pada dua faktor: ujian itu sendiri dengan berbagai komponen didalamnya (soal ujian, penguji dan lain-lain) dan kita sendiri sebagai peserta ujian. Pada komponen ujian kita tidak dapat memiliki kontrol terhadap soal apa yang harus keluar, memilih penguji OSCE yang paling baik, dan memilih bentuk ujiannya. Tapi, apakah kita tidak memiliki kontrol terhadap kita sendiri sebagai peserta ujian? Kita memiliki bakat untuk mengidentifikasi serta mengatasi segala kekurangan kita dalam belajar dan pada saat menghadapi ujian. Akan tetapi, sebagian besar dari kita tidak ingin berupaya untuk meluangkan waktunya memahami gaya belajarnya sendiri.

Sebagian besar dari kita pasti mendapatkan kuliah keterampilan belajar pada tahun pertama pendidikan kedokteran. Tapi, apakah keterampilan tersebut masih sering diterapkan saat mempelajari materi baru. Saya yakin hanya sebagian kecil dari kita yang masih menerapkan keterampilan tersebut sepanjang kita menjalani pendidikan kedokteran. Sebagian kecil tersebut pasti akan tahu jika ditanyakan terkait dengan gaya belajar mereka. Untuk sebagian yang lain, jangan berkecil hati. Silakan ikuti tes berikut untuk megetahui gaya belajar kita dan teknik belajar apa yang paling cocok untuk kita terapkan selama menjalani pendidikan kedokteran.

KUISIONER GAYA BELAJAR