Penyakit Meniere merupakan gangguan telinga dalam idiopatik yang ditandai dengan serangan vertigo spontan berulang dan gangguan pendengaran yang berfluktuasi. Penyakit ini juga dikaitkan dengan tinitus dan rasa penuh pada telinga. Keluhan tersebut dapat menyebabkan tuli sensorineural progresif.

Update Penyakit Meniere

Penyakit Meniere
Kondisi telinga pada penyakit

Rangsangan titik akupuntur atau kombinasi dengan pengobatan kedokteran Barat dapat mengurangi gejala dan mengurangi frekuensi vertigo pada pasien dengan penyakit ini.

Evid Based Complement Alternat Med 2016;2016:6404197

Betahistin mungkin memperbaiki gejala vertigo pada pasien dengan penyakit ini.

Cochrane Database Syst Rev 2016 Jun 21;(6):CD010696

Gentamisin intratimpani mungkin sama efektifnya dengan metilprednisolone intratimpani untuk mengurangi episode vertigo pada orang dewasa dengan penyakit unilateral refrakter.

Lancet 2016 Nov 16 early online full-text

By Rifan Eka Putra Nasution

Dr. Rifan Eka Putra Nasution, Lahir di Aek Kanopan, Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, 29 Oktober 1992. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di kota kelahiran lalu menyelesaikan pendidikan tingginya pada Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.Dr. Rifan mendapatkan medali Emas pada Olimpiade Kedokteran Regional Sumatera Pertama untuk cabang Kardiovaskular-Respirologi dan menghantarkan dirinya menjadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Syiah Kuala pada tahun 2013. Pada tahun 2014, ia mendapatkan penghargaan Mahasiswa Kedokteran Berprestasi Se-Sumatera dari ISMKI Wilayah I.Saat ini beliau bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan Jabatan Dokter Ahli Pertama di UPTD Puskesmas Sukarame, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.Beliau juga aktif menulis di Media Online dan Situs Kedokteran dan Kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.