psoriasis

Langkah Pencegahan Psoriasis & Tips Menghindari Pencetus

Psoriasis merupakan suatu penyakit kulit inflamatorik (peradangan) kronis. Penyakit ini pada umumnya mempengaruhi kulit dan/atau sendi. Psoriasis dapat dicetuskan oleh berbagai jenis obat, infeksi, trauma pada kulit, obesitas, stress dan faktor lingkungan lainnya. Lalu, Apa langkah-langkah Pencegahan Psoriasis dan juga Tips Menghindari Pencetus Psoriasis?

 

Gejala Kekambuhan Psoriasis

Gejala psoriasis dapat bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya. Gelaja yang paling sering muncul antara lain:

  • Bercak merah yang ditutupi oleh skuama (sisik) putih mengkilat
  • Kulit kering, pecah-pecah, dan terkadang berdarah
  • Rasa gatal dan sensasi kulit terbakar
  • Kuku tidak rata
  • Sendi kaku dan bengkak
pencegahan psoriasis

By User:The Wednesday Island (of the English Wikipedia) – http://en.wikipedia.org/wiki/Image:Psoriasis_on_back.jpg, CC BY-SA 3.0, Link

Bagaimana Langkah Pencegahan Psoriasis

Gejala psoriasis dapat muncul dan kemudian menghilang, tapi tidak terdapat suatu metode untuk menyembuhkan kondisi ini.

Jalan terbaik yang dapat dilakukan adalah untuk mencegah gejala-gejala tersebut muncul.

Pencegahan psoriasis terbaik adalah dengan menghindari pencetus yang telah diketahui.

Pencetus psoriasis juga berbeda pada setiap orang. Jadi, langkah pertama yang paling penting adalah mendeteksi faktor apa yang membuat penderita psoriasis mengalami gejala.

Mengetahui faktor yang dapat meringankan gejala juga penting.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk pencegahan psoriasis

 

Langkah-Langkah Pencegahan Psoriasis

Mengurangi Stress

Stress yang muncul karena kehidupan sehari-hari memang memiliki dampak buruk bagi setiap orang. Stress juga merupakan masalah yang terjadi pada orang yang mengalami psoriasis.

Tubuh cenderung memiliki reaksi inflamasi terkait stress. Respons inilah yang menyebabkan kekambuhan pada psoriasis.

Mengurangi tingkat stress sebisa mungkin adalah hal yang penting. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi stress:

  • Psikoterapi
  • Yoga
  • Meditasi dan Teknik Relaksasi Lainnya

 

Hindari Konsumsi Beberapa Jenis Obat

Beberapa jenis obat dapat mempengaruhi respon sistem imun tubuh dan menyebabkan peradangan. Kondisi ini tentu saja akan mencetuskan psoriasis.

Beberapa obat ini harus dihindari dalam langkah pencegahan psoriasis.

  • Lithium
  • Obat anti malaria
  • Indometasin

 

Pastikan bahwa dokter mengetahui obat bebas apa yang Anda konsumsi. Dokter akan menukar obat dengan jenis obat lainnya bila obat-obat di atas dikhawatirkan dapat mencetuskan psoriasis.

Hindari Cedera Pada Kulit

Cedera pada kulit dapat mencetuskan psoriasis pada beberapa orang. Kondisi in disebut sebagai Fenomena Koebner.

Cedera kulit yang umum seperti garukan atau terbakar sinar matahari merupakan pencetus psoriasis.

Rawat kulit anda untuk mencegah cedera pada kulit. Lakukan tips berikut untuk menghindari cedera kulit ketika Anda melakukan aktivitas:

  • Gunakan tabir surya dan gunakan topi ketika beraktivitas di luar rumah
  • Gunakan lengan panjang dan sarung tangan ketika berkebun
  • Gunakan semprotan anti serangga ketika beraktivitas di luar rumah

Kunjungi dokter ketika gejala psoriasis muncul setelah cedera pada kulit. Bila cepat ditangani maka pengobatan dapat dilakukan secara efektif.

 

Hindari Infeksi

Infeksi merupakan salah satu penyebab psoriasis. Kondisi ini akan meningkatkan stress pada sistem imun yang menyebabkan reaksi peradangan.

Radang tenggorokan diketahui memiliki hubungan dengan onset psoriasis guttate khususnya pada anak-anak.

Tapi, gejala psoriasis juga dapat muncul setelah infeksi telinga, tonsilitis, atau infeksi paru-paru dan infeksi kulit lainnya.

Penting untuk menemui dokter, jika Anda mencurigai adanya infeksi. Jika Anda mengalami cedera kulit, seperti goresan atau luka, pastikan untuk membersihkannya dengan benar dan tetap tertutup untuk mencegah infeksi. Cara lain untuk mencegah infeksi termasuk:

  • sering mencuci tangan sepanjang hari
  • menghindari berbagi makanan, minuman, atau peralatan makan dengan orang lain
  • membatasi paparan dengan orang-orang yang sakit, terutama anak-anak

 

Identifikasi hal-hal yang dapat mencetuskan psoriasis merupakan hal penting dalam pencegahan psoriasis. Mengikuti rencana pengobatan dan menghindari pencetus akan meminimalisir munculnya gejala. Anda dapat berdiskusi dengan dokter untuk mengidentifikasi pencetus atau untuk menanyakan langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk mengurangi kekambuhan.

 

Bila Anda Memiliki Pertanyaan Seputar Pencegahan Psoriasis atau Pengalaman Dalam Pengobatan Psoriasis, Silakan Sampaikan Pertanyaan dan Pendapat Anda Di Kolom Komentar.

 

Referensi
  1. Menter A, Gottlieb A, Feldman SR, et al. Guidelines of care for the management of psoriasis and psoriatic arthritis: Section 1. Overview of psoriasis and guidelines of care for the treatment of psoriasis with biologics. J Am Acad Dermatol. 2008 May;58(5):826-50
  2. Menter A, Korman NJ, Elmets CA, et al; American Academy of Dermatology. Guidelines of care for the management of psoriasis and psoriatic arthritis. Section 3. Guidelines of care for the management and treatment of psoriasis with topical therapies. J Am Acad Dermatol. 2009 Apr;60(4):643-59
  3. Menter A, Korman NJ, Elmets CA, et al. Guidelines of care for the management of psoriasis and psoriatic arthritis: Section 4. Guidelines of care for the management and treatment of psoriasis with traditional systemic agents. J Am Acad Dermatol. 2009 Sep;61(3):451-85
  4. Menter A, Korman NJ, Elmets CA, et al. Guidelines of care for the management of psoriasis and psoriatic arthritis: Section 5. Guidelines of care for the treatment of psoriasis with phototherapy and photochemotherapy. J Am Acad Dermatol. 2010 Jan;62(1):114-35
  5. Boehncke WH, Schön MP. Psoriasis.  2015 Sep 5;386(9997):983-94
  6. Kupetsky EA, Keller M. Psoriasis vulgaris: an evidence-based guide for primary care. J Am Board Fam Med. 2013 Nov-Dec;26(6):787-801full-text
  7. Canadian Psoriasis Guidelines Committee. Canadian guidelines for management of plaque psoriasis CDA 2009 June PDF
  8. Canadian Psoriasis Guidelines Addendum Committee. 2016 Addendum to the Canadian guidelines for the management of plaque psoriasis 2009. J Cutan Med Surg. 2016 Sep;20(5):375-431full-text

 

Berikan Komentar Di Sini