Wabah COVID-19 mengharuskan kita untuk berubah. Salah satu perubahan yang harus kita lakukan adalah menjalani adaptasi kebiasaan baru. Menggunakan masker untuk aktivitas luar rumah merupakan kebiasaan baru yang harus kita laksanakan dengan baik dan benar. Kita harus disiplin pakai masker agar terhindar dari COVID-19.

wabah global corona (sumber: pixabay.com)

 

Pada kesempatan kali ini kami menyusun langkah-langkah disiplin menggunakan masker.

 

7 Langkah Disiplin Pakai Masker

  1. Cuci Tangan Pakai Sabun

Sebelum mengenakan masker pada wajah maka sebaiknya cuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Ikuti 6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun yang Benar.

 

  1. Pastikan Pakai Masker Bersih dan Tidak Robek

Sebaiknya gunakan masker kain yang baru dicuci dan tidak robek. Masker harus selalu dibersihkan dengan cara dicuci menggunakan detergen. Ganti masker kain setiap 4 jam sekali.

 

  1. Jangan Sentuh Bagian Depan Masker

Ketika masker telah terpasang di wajah maka jangan sampai tangan kita menyentuh bagian depan masker. Bila tidak sengaja tersentuh, segera cuci tangan atau pakai handsanitizer.

 

  1. Pakai Masker Harus Menutupi Area Hidung dan Mulut Hingga Ke Dagu

Pastikan bahwa ukuran masker yang kita pakai tepat untuk ukuran wajah kita. Sebab menggunakan masker harus digunakan menutup hidung hingga ke dagu. Bila terlalu kecil maka virus atau kuman dapat masuk.

 

  1. Lepaskan Masker dengan Memegang Tali Samping

Lepaskan masker dengan memegang tali samping ketika selesai digunakan. Jangan memegang bagian luar atau dalam masker.

 

  1. Setelah Selesai Digunakan Maka Langsung Cuci Masker Kain

Segera rendam masker kain dengan air dan detergen lalu kemudian dicuci. Untuk masker sekali pakai segera gunting dan buang ke tempat sampah.

 

  1. Jangan Sekedar Pasang-Lepas Masker

Ketika menggunakan Masker tidak sekadar pasang dan lepas saja. Memperhatikan langkah-langkah di atas dapat membuat diri kita lebih aman dan mencegah penularan COVID-19.

 

Memakai masker telah menjadi bagian kehidupan kita. Hal ini merupakan salah satu cara adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi. Mari saling mengingatkan. Apalagi di tempat-tempat umum (misalnya pasar). Jika ada yang masih membandel, tegur saja demi kebaikan bersama.

 

Infografis 7 Langkah Disiplin Menggunakan Masker

Kami juga sudah menyusun langkah-langkah di atas menjadi sebuah infografis. Silakan lihat dan unduh infografis secara gratis di bawah ini.

Infografis 7 Hal Penting Menggunakan Masker (Lisensi: CC BY-NC-ND)

Referensi

covid19.g0.id

By Rifan Eka Putra Nasution

Dr. Rifan Eka Putra Nasution, Lahir di Aek Kanopan, Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, 29 Oktober 1992. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di kota kelahiran lalu menyelesaikan pendidikan tingginya pada Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Dr. Rifan mendapatkan medali Emas pada Olimpiade Kedokteran Regional Sumatera Pertama untuk cabang Kardiovaskular-Respirologi dan menghantarkan dirinya menjadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Syiah Kuala pada tahun 2013. Pada tahun 2014, ia mendapatkan penghargaan Mahasiswa Kedokteran Berprestasi Se-Sumatera dari ISMKI Wilayah I. Saat ini beliau bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan Jabatan Dokter Ahli Pertama di UPTD Puskesmas Sukarame, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara. Beliau juga aktif menulis di Media Online dan Situs Kedokteran dan Kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version