Mengungkap Rahasia Komunikasi dari Buku Talk Like TED

Mengungkap Rahasia Komunikasi dari Buku Talk Like TED
Featured Pics Talk Like TED

Komunikasi yang efektif merupakan kunci untuk mempengaruhi, menginspirasi, dan menghubungkan dengan audiens secara mendalam. Di buku “Talk Like TED” karya Carmine Gallo, pembaca diajak untuk mempelajari seni komunikasi yang kuat melalui model yang telah terbukti berhasil dari presentasi TED Talk yang populer. Dalam artikel ini, kita akan menggali wawasan dan poin-poin utama dari buku ini yang akan membantu Anda mengasah keterampilan komunikasi Anda.

Talk Like TED

Memperkenalkan Model Presentasi TED

  • Carmine Gallo mengungkapkan bahwa presentasi TED Talk yang berhasil memiliki tiga elemen kunci: koneksi emosional, keunikan ide, dan penggunaan cerita yang kuat.
  • Setiap elemen tersebut dijelaskan secara rinci, dengan contoh-contoh dari presentasi TED Talk yang sukses.

 

Koneksi Emosional

  • Gallo menekankan pentingnya menjalin koneksi emosional dengan audiens dalam presentasi.
  • Dia mengajarkan teknik-teknik seperti penggunaan bahasa tubuh yang kuat, kontak mata, dan ekspresi wajah yang menarik perhatian dan menciptakan ikatan emosional.

 

Keunikan Ide Menurut Buku Talk Like TED

  • Penulis memandang pentingnya memiliki ide yang unik dan memikat dalam presentasi.
  • Dia menunjukkan bagaimana mengidentifikasi dan mengkomunikasikan ide-ide yang berbeda dari yang sudah ada, serta cara-cara untuk membuat ide-ide tersebut relevan dan menarik bagi audiens.

 

Penggunaan Cerita yang Kuat

  • Gallo menyoroti kekuatan cerita dalam komunikasi yang efektif.
  • Dia menjelaskan mengapa cerita dapat memengaruhi audiens secara emosional dan memberikan contoh tentang bagaimana membangun cerita yang kuat dan relevan.

Struktur Presentasi yang Kuat Menurut Buku Talk Like TED

  • Penulis menyajikan kerangka kerja yang dapat digunakan dalam menyusun presentasi yang kuat.
  • Dia mengajarkan bagaimana memulai dengan pembukaan yang menarik, menyusun isi presentasi secara logis, dan mengakhiri dengan pesan yang kuat.

 

Penggunaan Media Visual

  • Gallo menekankan pentingnya penggunaan media visual yang menarik dan mendukung pesan yang ingin disampaikan.
  • Dia memberikan tips tentang penggunaan slide yang efektif, grafik, dan gambar untuk meningkatkan daya tarik presentasi.

 

Rehearsal dan Persiapan

  • Persiapan yang matang dan latihan yang cukup menjadi faktor penting dalam keberhasilan presentasi.
  • Penulis menjelaskan pentingnya latihan, menguasai materi, dan mempersiapkan diri dengan baik.

 

Pesan dr. Rifan untuk Buku Talk Like TED

Dalam “Talk Like TED” karya Carmine Gallo, pembaca diajak untuk mempelajari seni komunikasi yang menginspirasi dan kuat dari presentasi TED Talk yang populer. Melalui penggunaan cerita yang kuat, pengembangan koneksi emosional, dan ide-ide yang unik, Gallo mengajarkan cara membangun presentasi yang luar biasa. Dengan menerapkan prinsip-prinsip dan strategi yang dijelaskan dalam buku ini, pembaca akan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi mereka dan mempengaruhi audiens dengan cara yang lebih efektif.

 

Harap dicatat bahwa artikel ini hanya memberikan ikhtisar singkat dari buku “Talk Like TED” oleh Carmine Gallo. Disarankan untuk membaca buku tersebut secara lengkap untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam dan contoh-contoh yang lebih rinci.

Teman-teman bisa mendapatkan buku tersebut melalui link berikut:

Beli Buku Talk Like TED

 

Dr. Rifan Eka Putra Nasution, CPS., CTPS. Lahir di Aek Kanopan, Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, 29 Oktober 1992. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di kota kelahiran lalu menyelesaikan pendidikan tingginya pada Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.Dr. Rifan mendapatkan medali Emas pada Olimpiade Kedokteran Regional Sumatera Pertama untuk cabang Kardiovaskular-Respirologi dan menghantarkan dirinya menjadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Syiah Kuala pada tahun 2013. Pada tahun 2014, ia mendapatkan penghargaan Mahasiswa Kedokteran Berprestasi Se-Sumatera dari ISMKI Wilayah I. Beliau juga aktif menulis di Media Online dan Situs Kedokteran dan Kesehatan lainnya dan juga memiliki ketertarikan terkait proses pembelajaran serta ilmu komunikasi terutama terkait dengan public speaking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.