Tensimeter

Tekanan darah atau tensi adalah salah satu dari tanda vital pada tubuh manusia. Pengukuran tensi sudah menjadi pemeriksaan rutin bagi setiap orang. Terutama pada usia dewasa. Tensi yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menjadi masalah. Untuk itu, penting bagi kita semua mengetahui cara mengukur tekanan darah secara akurat di rumah. Terlebih bila kita memiliki orang tua atau keluarga yang memiliki masalah dengan tekanan darah.

 

Sebelum membahas tentang cara mengukur tensi secara akurat di rumah, teman-teman bisa juga membaca beberapa artikel kami lainnya seputar tekanan darah.

 

 

 

 

 

Selanjutnya, mari kita bahas bagaimana cara mengukur tekanan darah secara akurat di rumah.

 

Cara Memilih Alat Pengukur Tekanan Darah

Sebelum memulai untuk melatih diri kita mengukur tekanan darah secara akurat di rumah. Tentu kita perlu memiliki alat pengukur tensi. Banyak sekali jenis alat pengukur tensi ini baik di toko alat kesehatan maupun di toko online. Namun, penting selalu kita ingat bahwa tensimeter atau pengukur tensi yang baik harus memiliki kode AKL dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

 

Saat ini, alat pengukur tekanan darah digital lebih digemari. Sebab penggunaannya yang praktis dan lebih akurat. Tensimeter aneroid yang menggunakan jarum juga masih digunakan. Namun, untuk penggunaannya di rumah teman-teman membutuhkan stetoskop. Sementara, tensimeter air raksa sudah tidak boleh digunakan baik di rumah maupun di fasilitas kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah melarang penggunaan seluruh alat kesehatan yang mengandung raksa.

Baca Juga!  Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat

 

Dari pada teman-teman bingung memilih tensimeter yang mana yang akurat, berikut ini beberapa tensimeter yang kami rekomendasikan.

 

Tensimeter Digital yang Akurat Mengukur Tekanan Darah

Ilustrasi Pengukuran Tekanan Darah
Ilustrasi Pengukuran Tekanan Darah

Berikut ini beberapa rekomendasi Tensimeter digital yang dapat teman-teman pilih untuk mengukur tekanan darah secara akurat. Semua produk yang kami rekomendasikan tentunya memiliki AKL dari Kemenkes RI. Selain itu, American Heart Association juga lebih merekomendasikan tensimeter digital yang digunakan pada lengan atas dibandingkan dengan tensimeter pada pergelangan tangan.

 

Inilah beberapa tensimeter digital yang dapat teman-teman miliki untuk mengukur tekanan darah secara akurat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Mayoritas alat pengukur tekanan darah tersebut otomatis. Cukup pasang manset pada lengan atas sesuai petunjuk gambar. Lalu, tekan tombol start maka hasil pengukuran tekanan darah akan muncul di layar digital.

 

Kemudian, bagaimana cara mengukur tekanan darah secara akurat di rumah?

 

Mengukur Tekanan Darah Secara Akurat Di Rumah

Mengukur Tekanan Darah Secara Akurat di Rumah
Mengukur Tekanan Darah Secara Akurat di Rumah

Untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat, maka sebaiknya jangan merokok, minum minuman yang berkafein, atau berolahraga 30 menit sebelum mengukur tensi.

 

Penting untuk menggunakan manset yang pas dengan lengan kita. Manset yang terlalu kecil dapat menambah ukuran tekanan darah.

 

Kemudian, pasang manset pada pergelangan lengan atas. Duduklah dalam posisi tegak sambil bersandar pada kursi. Posisikan telapak kaki rata dengan lantai dan lengan diangkat setinggi jantung. Lihat dan pastikan bagian bawah manset tepat berada di atas lipatan siku.

Baca Juga!  Berhenti Merokok! Apa Yang Harus Dokter Lakukan?

 

Duduklah dengan santai selama 5 menit sebelum melakukan pengukuran. Tahan keinginan untuk berbicara atau melihat ponsel.

 

Pastikan juga bahwa kandung kemih kosong sebelum melakukan pengukuran tekanan darah. Bila Anda mengalami sesak ingin buang air kecil maka itu dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara.

 

Beberapa jenis obat, termasuk obat anti nyeri dan obat pelega saluran pernapasan (dekongestan) juga dapat meningkatkan tekanan darah. Begitu pula dengan alkohol, kafein, merokok, konsumsi garam, dan stres. Seluruhnya dapat meningkatkan tekanan darah.

 

Asosiasi dan Organisasi Jantung merekomendasikan bagi pasien dengan gangguan tekanan darah untuk memeriksa tekanan dara pada waktu yang sama setiap hari. Mungkin dapat memeriksanya dalam siklus dua kali pada pagi hari atau dua kali pada malam hari.

 

Kemudian, sampaikan hasil pengukuran tekanan darah tersebut pada dokter ketika kunjungan kontrol ulang.

 

Pesan dr. Rifan

Untuk dapat melakukan pengukuran tekanan darah yang akurat maka kita butuh alat pengukur atau tensimeter yang baik dan andal. Oleh sebab itu, merek apa pun tensimeter yang tersedia di rumah pastikan alat tersebut memiliki nomor AKL Kemenkes. Berikutnya, latih diri kita untuk mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan di atas. Semoga pengukuran tekanan darah yang akurat di rumah dapat dengan mudah dilakukan.

By Rifan Eka Putra Nasution

Dr. Rifan Eka Putra Nasution, Lahir di Aek Kanopan, Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, 29 Oktober 1992. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di kota kelahiran lalu menyelesaikan pendidikan tingginya pada Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Dr. Rifan mendapatkan medali Emas pada Olimpiade Kedokteran Regional Sumatera Pertama untuk cabang Kardiovaskular-Respirologi dan menghantarkan dirinya menjadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Syiah Kuala pada tahun 2013. Pada tahun 2014, ia mendapatkan penghargaan Mahasiswa Kedokteran Berprestasi Se-Sumatera dari ISMKI Wilayah I. Beliau juga aktif menulis di Media Online dan Situs Kedokteran dan Kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.