manfaat kopi

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Berdasarkan Sains

Kopi merupakan komoditas yang sangat populer baik sebagai minuman atau sebagai bahan tambahan pada makanan. Manfaat kopi bagi tubuh cukup banyak karena kandungan antioksidannya. Selain itu, manfaat kopi dapat meningkatkan kesehatan karena kandungan nutrisi didalamnya.

Penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko mengalami beberapa penyakit yang lebih rendah.

artikel ini akan memberikan 10 manfaat kopi bagi kesehatan yang telah dikonfirmasi dengan penelitian ilmiah langsung pada manusia.

 

manfaat kopi
Designed by Freepik

 

 

Manfaat Kopi 1: Kopi dapat membuat orang yang merasa letih menjadi lebih bertenaga.

Manfaat kopi ini didapat karena kandungan senyawa stimultan yang disebut kafein. Senyawa ini merupakan senyawa psikoaktif yang paling sering dikonsumsi di seluruh dunia.

Setelah anda mengkonsumsi kopi, kafein akan diserap menuju aliran darah. Aliran darah kemudian membawa senyawa ini hingga menuju ke otak.

Pada otak, kafein akan menghambat neurotransmiter inhibitorik bernama Adenosine.

Ketika kondisi tersebut terjadi, sejumlah neurotransmitter lainnya seperti norepinefrin dan dopamin akan meningkat. kondisi ini mengakibatkan sel saraf (neuron) menjadi lebih aktif.

Banyak uji klinis yang dilakukan pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak. Manfaat kopi bagi fungsi otak antara lain meningkatkan memori, mood, tenaga, dan fungsi kognitif umum lainnya.

Kesimpulan:

Kafein menghambat suatu neurotransmiter inhibitorik pada otak, sehingga memunculkan efek stimultant. Kondisi ini akan meningkatkan tenaga, mood, dan berbagai aspek fungsi otak lainnya.

 

Manfaat Kopi 2: Kopi dapat membantu anda membakar lemak

Tahukah anda bahwa kafein juga ditemukan pada sebagian besar produk suplemen pembakar lemak yang dijual?

Alasan terbaik untuk hal tersebut karena kafein merupakan salah satu dari sangat sedikit zat alami yang dapat membantu proses pembakaran lemak.

Baca Juga!  Indahnya Perpaduan Senyawa Kimia Di Balik Secangkir Kopi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme hingga 3-11%.

penelitian lainnya menunjukkan bahwa kafein secara spesifik dapat meningkatkan pembakaran lemak. Maanfaat kopi ini dirasakan baik pada orang obesitas (peningkatan pembakaran lemak 10%) ataupun yang kurus (peningkatan pembakaran lemak 29 %).

Kesimpulan:

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak pada tubuh dan meningkatkan laju metabolisme.

 

Manfaat Kopi 3: Kafein dapat meningkatkan performa fisik secara drastis

Seperti yang telah disebutkan di atas, kafein dapat menstimulasi sistem saraf pada otak. Kondisi ini akan menyebabkan dikirimkannya sinyal ke sel lemak untuk menghancurkan lemak badan.

Bukan hanya itu, kafein juga meningkatkan kadar Epinefrin (Adrenalin) di dalam darah.

Epinefrin merupakan hormon yang memiliki fungsi dalam mempersiapkan metabolisme tubuh untuk suatu kondisi yang membutuhkan aktivitas fisik.

Manfaat kopi ini akan didapat karena kafein membuat proses penghancuran sel lemak dan melepaskannya dalam bentuk asam lemak bebas dalam darah sehingga dapat digunakan sebagai bahan dasar yang menghasilkan tenaga.

Berdasarkan efek ini, tidak mengejutkan bahwa kafein dapat meningkatkan performa fisik rata-rata sekitar 11-12%.

Oleh karena itu, pertimbangkan untuk mengkonsumsi segelas kopi satu setengah jam sebelum anda berolahraga.

Kesimpulan:

Kafein dapat meningkatkan kadar adrenalin dan melepaskan asam lemak dari jaringan lemak. Kondisi ini mungkinkan peningkatan signifikan performa fisik.

 

Referensi:

https://www.healthline.com/nutrition/top-13-evidence-based-health-benefits-of-coffee

 

Berikan Komentar Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.