Kalung Kesehatan Tanpa Bukti Ilmiah Menyehatkan

Featured Image Kalung Kesehatan

“Pak, kalung kesehatan kami ini sudah digunakan oleh artis ibukota.”

“Dek, kalung ini juga terbukti bermanfaat. Orang luar negeri juga banyak yang pakai lho.”

“Bu, kalung kesehatan dari perusahaan kami yang pakai anggota DPR lho. Yakin ibu tidak mau pakai?”

“Kalung kesehatan kami mengandung Germanium. Germanium ini bisa memancarkan gelombang yang membuat tubuh kita lebih sehat.”

Ilustrasi Kalung Kesehatan

Ilustrasi Kalung Kesehatan

Pernahkah teman-teman mendapatkan pernyataan atau pertanyaan mirip seperti di atas?

 

Bila yang menawarkan produk kalung kesehatan ini datang dan menawarkan kepada kami produk mereka, maka kami akan bertanya balik kepada orang yang mempromosikannya.

 

“Bisakah Bapak/Ibu tunjukkan hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa kalung kesehatan ini benar memberikan manfaat kesehatan?”

 

Kami yakin promotor produk kesehatan ini tidak akan menjawab pertanyaan kami tersebut. Mereka pasti akan menunjukkan bukti dari ratusan atau ribuan orang yang terbukti sehat setelah menggunakan produk mereka.

 

Produk seperti kalung kesehatan ini dan alat kesehatan yang dipasarkan menggunakan sistem Multi Level Marketing memang sering kali menggunakan testimoni. Mereka bahkan tidak menyertakan bukti ilmiah atau bahkan membohongi calon konsumen dengan narasi yang seolah-olah ilmiah.

 

Dukun modern begitu kami menyebut orang yang menyatakan klaim produk mereka seolah-olah ilmiah, tetapi tidak memiliki bukti ilmiah menyehatkan ini.

 

Sampai di sini akan muncul beberapa pertanyaan dalam benak kita:

  1. Bagaimana produk mereka memberikan manfaat kepada orang yang memberikan testimoni?
  2. Mengapa deskripsi produk mereka menggunakan informasi ilmiah palsu?
  3. Bagaimana bukti ilmiah yang baik untuk bidang kedokteran dan kesehatan?

 

Kami akan mencoba membahas pertanyaan-pertanyaan di atas secara rinci. Namun, sebelum kami membahas hal ini. Ada baiknya teman-teman membaca disclaimer di bawah ini.

 

Disclaimer Artikel Kalung Kesehatan

Disclaimer

Artikel ini kami buat khusus untuk teman-teman yang mempertanyakan manfaat kalung kesehatan.

 

Bagi orang yang telah menggunakan kalung kesehatan atau penjual dan promotor kesehatan sebaiknya tidak membaca artikel ini sampai habis.

 

Mengapa kami sarankan demikian? Sebab kalau teman-teman yang telah menggunakan kalung kesehatan atau penjual produk ini membaca artikel ini sampai akhir maka teman-teman akan mengalami “Bias Konfirmasi”.

 

Bias Konfirmasi adalah kondisi psikologi yang membuat seseorang tidak akan menerima atau menolak informasi yang bertolak belakang dengan apa yang mereka yakini sebelumnya.

 

Pengguna dan penjual kalung kesehatan telah percaya bahwa kalung kesehatan memberi manfaat. Sedangkan pada artikel ini kami memberikan data, informasi, dan bukti penelitian yang bertolak belakang dengan kepercayaan teman-teman pengguna dan penjual kalung.

 

Jadi, bila sampai tahap ini, sebaiknya teman-teman pengguna dan penjual kalung kesehatan tidak membaca artikel ini sampai habis.

 

Kecuali, teman-teman pengguna dan penjual produk kesehatan ini memiliki bukti ilmiah hasil penelitian yang bertolak belakang dengan informasi yang kami sampaikan.

 

Kami akan menerima bukti ilmiah menunjukkan produk kalung kesehatan benar memberikan efek kesehatan maka artikel ini akan kami update atau bahkan kami hapus.

 

Silakan sampaikan bukti tersebut dalam kolom komentar.

 

Sekian untuk disclaimernya. Mari kita mulai perjalanan kita untuk memahami bahwa kalung kesehatan tidak memiliki bukti ilmiah menyehatkan.

 

Apa itu Kalung Kesehatan?

Ilustrasi Batu Kalung Kesehatan

Ilustrasi Batu Kalung Kesehatan (David Adi / CC BY-SA)

Kalung Kesehatan adalah barang berupa lingkaran atau rantai yang terbuat dari emas, perak, mineral, bebatuan, dan bahan lainnya yang dilingkarkan pada leher dengan manfaat menyehatkan.

 

Bila kalung biasanya berfungsi hanya sebagai hiasan. Produk kalung yang kita bahas ini memiliki klaim memberikan dampak kesehatan.

 

Sementara kesehatan adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

 

Secara sederhana, seseorang yang menggunakan produk kesehatan berbentuk kalung ini akan mendapatkan manfaat berupa:

  • Tetap sehat sehingga dapat tetap produktif
  • Sembuh dari sakit bila mengalami penyakit tertentu

 

Produk kesehatan ini menggunakan produk mineral dan bebatuan seperti:

  • Black jade
  • Tourmaline
  • GwiSaMunSok
  • Germanium

 

Selain itu, klaim ilmiah produk ini sangat beragam, yaitu:

  • Memancarkan sinar infra merah jarak jauh (FIR)
  • Memancarkan gelombang elektromagnetik
  • Memancarkan ion negatif ke dalam tubuh

 

Klaim Manfaat Kesehatan Produk Kalung ini berupa:

  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Mengaktifkan molekul air dalam tubuh
  • Meningkatkan metabolisme
  • Menyeimbangkan pH dalam tubuh
  • Mencegah efek buruk radiasi alat elektronik
  • Melancarkan aliran darah

 

Mereka juga menyebutkan bahwa efek positif untuk tubuh adalah:

  • Menjadi lebih bertenaga
  • Menjadi lebih segar
  • Dapat mengurangi perlengketan darah karena kolesterol
  • Melancarkan peredaran darah

 

Selain itu, penjual produk kesehatan ini akan memberikan segala macam klaim bahwa produk yang mereka jual dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

 

Bagi kami yang skeptis (kurang percaya; ragu-ragu), hingga bagian ini saja kami tidak percaya terhadap produk mereka. Mengapa demikian?

 

Sebab kami memegang prinsip bahwa:

“To Good To Be True, Must Be SCAM!”

 

“Terlalu Bagus untuk Menjadi Kenyataan, Bisa Jadi PENIPUAN.”

 

Apalagi kalau klaimnya hanya berdasarkan testimoni orang yang mendapatkan manfaat setelah menggunakan kalung.

 

Sebelum membalikkan semua klaim ilmiah terkait kata-kata sulit yang telah kami munculkan di atas. Mari kita bahas kenapa kalau tidak ada bukti ilmiah kalung kesehatan memberikan efek yang nyata kepada penggunanya.

 

Kita harus berkenalan dengan efek placebo.

 

Efek Placebo pada Penggunaan Kalung Kesehatan

Ilustrasi Placebo

Ilustrasi Placebo (XoMEoX / CC BY)

Apa itu Efek Placebo?

Efek Placebo adalah efek perbaikan pada kondisi kesehatan pasien yang muncul ketika pengobatan atau obat tanpa efek kesehatan diberikan kepada pasien.

 

Pasien sangat yakin dan percaya serta berharap bahwa pengobatannya akan berhasil. Oleh karena itu, pasien akan menjalani pengobatannya.

 

Efek plasebo adalah faktor penting dalam menentukan apakah sebuah pengobatan atau obat tertentu benar memberikan manfaat kesehatan.

 

Hal ini juga yang menjelaskan mengapa produk kesehatan, obat, atau pengobatan yang sama memberikan efek yang berbeda pada orang berbeda. Meskipun, mereka mengalami kondisi medis yang sama.

 

Kata plasebo berasal dari bahasa Latin yang berarti “I Shall Plase”. Dalam perjalanan perkembangan ilmu kedokteran, efek plasebo adalah efek utama yang mampu dokter tawarkan kepada pasien.

 

Misalnya, jaminan, perhatian, dan keyakinan pada pengobatan oleh seorang dokter akan memberikan kekuatan internal pasien untuk melawan penyakit mereka.

 

Bila penjelasan kami di atas masih terlalu sulit, kami akan mencoba menjelaskannya secara sederhana.

 

Ilustrasi Penelitian Efek Plasebo

Misalnya, Tn. X dan Tn.Y adalah penderita tekanan darah tinggi. Keduanya kemudian berobat kepada seorang dokter yang juga peneliti. Dokter meminta keduanya untuk menggunakan kalung kesehatan A yang memiliki kandungan Germanium dan kalung B (dengan bentuk yang sama persis dengan kalung A) yang terbuat dari bahan biasa.

 

Kedua pasien menyetujui untuk mencoba kalung tersebut. Dokter meminta Tn. X dan Tn. Y untuk menggunakan kedua kalung setiap hari selama 1 bulan. Kemudian dokter meminta keduanya mengecek tekanan darah setiap hari.

 

Keduanya juga diminta untuk tidak melakukan aktivitas olahraga yang berlebihan dan mengonsumsi makanan seperti biasa saja.

 

Ternyata, tekanan darah Tn. Y jauh lebih turun dibandingkan Tn. X. Potensi kalung A terkait menurunkan tekanan darah dikalahkan keyakinan Tn. Y.

 

Kenapa Kalung B bisa menurun tekanan darah lebih baik dibandingkan Kalung A yang mengandung Germanium?

 

Kondisi inilah yang kita kenal sebagai efek Plasebo. Dimana keyakinan seseorang terhadap pengobatan memberikan efek pengobatan dari obat atau benda yang tidak memiliki fakta memperbaiki fungsi tubuh.

 

Seharusnya, produsen kalung kesehatan melakukan penelitian seperti ilustrasi di atas terhadap produk mereka. Namun, hingga saat ini kami tidak menemukan ada penelitian terkait kalung kesehatan.

 

Padahal bukti penelitian ini bisa menguatkan pernyataan dan klaim mereka atas manfaat kesehatan kalung-kalung tersebut.

 

Hasil penelitian lainnya mungkin lebih mengejutkan. Mengapa demikian? Karena alat kesehatan atau benda lainnya dengan klaim kesehatan yang berharga mahal lebih memberikan efek plasebo dibandingkan dengan yang berharga murah.

 

Tahukah teman-teman bahwa kalung kesehatan dijual jauh lebih mahal atau berkali-kali lipat lebih mahal dari biaya produksi atau biaya teknologinya?

 

Mari kita lihat apa yang disebut sebagai expensive placebo.

 

Expensive Placebo

Penelitian Ekspensif Placebo

Penelitian Ekspensif Placebo

Berapa harga satu buah kalung kesehatan? produk ini cenderung dijual dengan harga yang mahal. Jutaan rupiah harus kita keluarkan untuk mendapatkan produk ini.

 

Menariknya, hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin mahal biaya yang dikeluarkan seseorang dalam upaya pengobatannya maka semakin besar efek plasebonya.

 

Penelitian yang terbit dalam jurnal Neurology tersebut menunjukkan bahwa efek plasebo dapat ditingkatkan dengan menambahkan informasi terkait biaya pengobatan.

 

Penelitian tersebut dilakukan pada pasien Parkinson dan menunjukkan bahwa plasebo mahal secara signifikan meningkatkan fungsi motorik dan menurunkan aktivitas otak sebanding dengan obat Parkinson Levodopa. Persepsi biaya mampu mengubah respons plasebo dalam penelitian klinis.

 

Jadi, semakin mahal biaya untuk alat kesehatan tertentu, maka semakin besar efek plasebonya.

 

Mari kita lanjutkan terkait dengan klaim deskripsi produk kalung kesehatan yang seolah-olah ilmiah ini.

 

Kebohongan Deskripsi Seolah Ilmiah Kalung Kesehatan

Cukup banyak informasi di internet yang memuat deskripsi manfaat kesehatan kalung kesehatan. Namun, bila kami membahas semua informasi tersebut maka kita akan jenuh.

 

Kami melakukan pencarian di mesin pencari Google dan memasukkan kata kunci manfaat kalung kesehatan.

Pencarian Manfaat Kalung Kesehatan

Pencarian Manfaat Kalung Kesehatan

Hasil utama pencarian ini (seperti gambar di atas) yang kami gunakan sebagai dasar pembahasan deskripsi seolah ilmiah kalung kesehatan.

 

Seperti pada gambar di atas terdapat satu kata ilmiah yaitu “Energi Skalar”. Kami tidak membahas tentang deskripsi energi skalar yang tidak pernah ada dalam literatur ilmiah pada artikel ini.

 

Teman-teman dapat membaca artikel kami sebelumnya yang memuat deskripsi terkait energi skalar ini pada tautan berikut ini:

Kebohongan Pertama: Energi Skalar Positif

 

Mari kita bahas terminologi ilmiah lainnya yang digunakan pada deskripsi produk ini.

 

Manfaat Medan Magnet Statis pada Kalung Kesehatan

Salah satu klaim produk kesehatan baik berbentuk kalung atau gelang adalah manfaat medan magnet statis pada produk tersebut.

 

Sayangnya, penelitian yang tersedia menunjukkan bahwa TIDAK ADA MANFAAT medan magnet statis terhadap berbagai kondisi kesehatan.

 

Pendukung teori bahwa medan magnet statis bermanfaat kesehatan selalu menggunakan hasil penelitian yang berjudul “Response of pain to static magnetic fields in postpolio patients: a double-blind pilot study.”

Penelitian Medan Magnet terhadap Nyeri

Penelitian Medan Magnet terhadap Nyeri

Vallbona C dan rekannya menunjukkan bahwa penerapan perangkat yang mengeluarkan medan magnet statis 300 hingga 500 Gauss di atas titik pemicu nyeri menghasilkan efek pereda nyeri yang signifikan dan cepat pada pasien pasca polio.

 

Namun, penelitian tersebut hanya penelitian skala sangat kecil yang meneliti hanya 50 orang pasien pasca polio yang mengeluhkan nyeri sendi atau otot.

 

Keraguan muncul dari kalangan peneliti lainnya sebab Vallbona dan rekan tidak pernah mempublikasikan penelitian terkait lainnya hingga saat ini.

 

Dalam praktik kedokteran berbasis bukti, terdapat tingkatan bukti ilmiah. Tingkat tertinggi bukti ilmiah adalah tinjauan sistematis dan meta analisis.

Piramida Kualitas Kedokteran Berbasis Bukti

Piramida Kualitas Kedokteran Berbasis Bukti (Tingjoh / CC BY-SA)

 

Menariknya, sebuah tinjauan sistematis yang berjudul “Static magnets for reducing pain: systematic review and meta-analysis of randomized trials” menunjukkan bahwa tidak terdapat bukti yang mendukung penggunaan magnet statis untuk menghilangkan rasa sakit.

Tinjauan Sistematis dan Metaanalisis Medan Magnet

Tinjauan Sistematis dan Metaanalisis Medan Magnet

Peneliti membuat kesimpulan berdasarkan 29 penelitian terkait penggunaan alat magnet statis.


Darah Kita Mengandung Besi sehingga Magnet Statis pada Kalung Kesehatan Bermanfaat

Perubahan bentuk eritrosit ketika berikatan dengan oksigen dan karbondioksida

Perubahan bentuk eritrosit ketika berikatan dengan oksigen dan karbondioksida (Sumber: Rogeriopfm / CC BY-SA)

Selain itu, muncul lagi klaim bahwa magnet pada kalung kesehatan dapat melancarkan aliran darah. Klaim ini muncul karena darah mengandung hemoglobin dan hemoglobin memiliki kandungan zat besi.

 

Sehingga bila menggunakan logika ilmiah sederhana zat besi (hemoglobin) akan berpengaruh terhadap medan magnet ini.

 

Faktanya, kita harus tahu bahwa terdapat besi yang terpengaruh dengan medan magnet dan terdapat zat besi yang tidak terpengaruh terhadap medan magnet. Sifat ini disebut sebagai sifat Feromagnetik.

 

Lagi-lagi kebohongan yang muncul. Darah kita yang mengandung hemoglobin tidak bersifat feromagnetik. Bila darah kita terpengaruh oleh medan magnet maka seseorang yang menjalani pemeriksaan MRI akan MELEDAK di dalam tabung pemeriksaan MRI.

Mesin MRI

Mesin MRI (Mj-bird / CC BY-SA)

Sebab MRI menggunakan resonansi magnetik untuk memberikan gambaran struktur tubuh kita. MRI memiliki medan magnet yang ribuan kali lebih kuat dibandingkan dengan kalung kesehatan.

 

Di sisi lain, Apakah benar kalung kesehatan ini mengandung medan magnet?

Mungkin kita dapat mendekatkan kalung kesehatan dengan alat pengukur medan magnet yang dinamakan Gauss Meter.

Gauss Meter Mengukur Medan Magnet

Gauss Meter Mengukur Medan Magnet

Penjual kalung sering kali mengatakan bahwa selain medan magnet kalung ini juga mengeluarkan energi.

 

Energi pada umumnya tidak terlihat. Pernyataan ini adalah benar energi umumnya tidak terlihat. Namun, energi dapat diukur.

 

Bila kalung kesehatan benar mengeluarkan medan magnet apakah bisa diukur berapa medan magnetnya?

 

Atau sesungguhnya kalung tersebut tidak mengeluarkan medan magnet. Kami lebih yakin terhadap hal ini.

 

Kesimpulannya, bukti penelitian ilmiah tertinggi menunjukkan bahwa medan magnet statis tidak memberikan manfaat kesehatan.

 

Masih belum percaya juga kalau medan magnet tidak memiliki manfaat kesehatan?

 

Mari kita lihat apa kata National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH). Lembaga yang mengurusi masalah kesehatan komplementer dan integratif di Amerika Serikat.

 

Terapi Magnet Menurut NCCIH

NCCIH melalui situsnya memuat bahwa terdapat berbagai jenis magnet yang dipelajari untuk menunjukkan manfaat kesehatan terutama nyeri. Jenis magnet tersebut antara lain:

  • Magnet statis atau permanen: Magnet statis memiliki medan magnet yang tidak berubah. Aktivitas elektron dalam logam menyebabkannya menjadi magnet. Magnet ini biasanya tidak terlalu kuat dan sering digunakan untuk produk seperti sol sepatu, ikat kepala, gelang, dan banyak lagi.
  • Elektromagnet: Jenis magnet ini dibuat ketika arus listrik mengisi logam, menjadikannya magnet. Perangkat dengan elektromagnet di dalamnya juga dipasarkan untuk tujuan kesehatan.

 

NCCIH memberikan kesimpulan bahwa:

  • Studi penelitian tidak mendukung penggunaan magnet statis untuk segala bentuk pengobatan nyeri.
  • Sebuah penelitian pada tahun 2013, menyimpulkan bahwa elektromagnet dapat membantu mengatasi osteoartritis, tetapi tidak jelas apakah dapat meredakan rasa sakit yang cukup untuk meningkatkan kualitas hidup dan fungsi sehari-hari. Untuk osteoartritis, mesin kecil atau alas digunakan untuk mengirimkan medan elektromagnetik ke seluruh tubuh atau ke persendian tertentu.
  • Pada 2013, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat. menyetujui perangkat yang menggunakan elektromagnet kuat untuk mengobati migrain dengan merangsang sel saraf di otak, sebuah proses yang disebut stimulasi magnetik transkranial (TMS). TMS juga dapat membantu kondisi nyeri lainnya.

 

NCCIH tentu saja tidak memuat rekomendasi terkait kalung dengan medan magnet.

 

Mari kita lanjut membahas kebohongan berikutnya.

 

Kalung Kesehatan Memancarkan Sinar Inframerah

Tanzanite Mineral dengan Klaim Kesehatan

Tanzanite Mineral dengan Klaim Kesehatan (pixabay.com)

Untuk dapat memahami klaim ini maka kita harus memahami dulu apa yang dimaksud dengan sinar inframerah.

 

Sinar inframerah adalah radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih panjang dari cahaya yang tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio.

 

Bila benar kalung kesehatan mampu memancarkan sinar inframerah maka ketika kalung kesehatan digunakan harus terdapat efek rasa panas di sekitar kalung.

 

Sebab sinar inframerah adalah gelombang panas. Sumber utama sinar inframerah adalah radiasi termal yang dipancarkan oleh semua benda panas.

 

Sinar inframerah memang tidak terlihat, tetapi gelombang ini memiliki energi. Energi harusnya dapat diukur.

 

Adakah kalung kesehatan yang telah mengukur berapa energi sinar inframerah yang dipancarkan produknya?

 

Penggunaan Sinar Inframerah dalam Bidang Kesehatan

Alat Terapi Panas untuk Fisioterapi

Alat Terapi Panas untuk Fisioterapi (dronepicr / CC BY)

Sinar inframerah telah digunakan dalam bidang kedokteran modern. Alat pemancar sinar inframerah telah digunakan untuk pasien yang menjalani fisioterapi.

 

Teknik ini disebut sebagai terapi radiasi inframerah. Pada teknik ini radiasi atau energi sinar inframerah yang diberikan dapat terukur dengan baik.

 

Penggunaan radiasi sinar inframerah akan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke beberapa bagian tubuh. Proses ini mengurangi peradangan dan memfasilitasi penyembuhan.

Lampu Inframerah

Lampu Inframerah (amazone.com)

Terapi radiasi sinar inframerah bekerja seperti kompresor penghasil panas. Panas tersebut akan dipancarkan ke area tubuh tertentu. Alat ini digunakan secara umum untuk mempercepat proses penyembuhan.

 

Jadi, kalau kalung kesehatan Anda benar memancarkan sinar inframerah maka seharusnya dapat diukur berapa energi pancarannya.

 

Kalau penjual kalung tidak bisa menunjukkan hal ini. Boleh jadi mereka telah membuat kebohongan lainnya terhadap produknya.

 

Untuk kebohongan lainnya, kami mengajak teman-teman pembaca untuk melakukan pembuktian sendiri. Terutama untuk istilah-istilah ilmiah seperti:

  • Batu menghasilkan energi
  • Blue carbon fiber
  • Ion negatif

 

Penutup

Pesan dari kami sederhana, “sesuatu yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin sebuah kebohongan.”

 

Kalung kesehatan belum memiliki bukti ilmiah menyehatkan. Kecuali, ada bukti penelitian yang belum kami temukan dalam hasil pencarian.

 

Silakan tuliskan bukti ilmiah tersebut dalam kolom komentar.

 

Lalu, kenapa ada yang merasakan manfaat? Jawabannya lebih kepada efek plasebo yang dimunculkan. Terutama Expensive Placebo, sebab produk kesehatan ini akan cenderung dijual mahal.

 

Kita cukup untuk mempertahankan pola hidup sehat, mengonsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik, tidur teratur, dan hindari stres untuk menjaga kesehatan.

 

Tubuh kita tidak butuh kalung kesehatan yang deskripsi produknya penuh kebohongan.

 

Referensi

Klik di Sini
Baca Juga!  Detoksifikasi - Membongkar Skema & Penipuannya