Tips dan Trik Agar Lebih Mudah Login Pada Website Yang Servernya Mengalami Banyak Kunjungan (Hit)

Pendahuluan

Saat pemilihan wahanan internship akan banyak sekali calon dokter internship yang mencoba masuk melalui website dokter intership indonesia yang beralamat di http://www.internsip.kemkes.go.id/. Banyaknya hit ini akan menimbulkan beban pada server website akibatnya hanya sebagian kecil dari teman-teman yang bisa masuk disaat yang bersamaan. Di sisi lain, analisis terhadap performa website internship tersebut cukup buruk. Seperti yang ditunjukkan pada gambar 1 berikut beserta beberapa perbandingannya.

Gambar 1. Analisis performa website. F adalah nilai paling buruk untuk sebuah website

Apa yang dapat kita lakukan?

Saat ini, kita tidak mungkin meminta KIDI untuk menambah server dan bandwith websitenya karena hal itu butuh waktu paling cepat 5 hari kerja. Beberapa hal yang dapat kita lakukan antara lain.

  1. Install browser internet paling terbaru (Mozilla, Opera, dan Chrome). Di sarankan untuk menginstal ketiganya. Tapi kalau tidak bisa pilihan utamanya adalah Chrome (Performa paling bagus). Jika sulit login coba pakai ketiga website.
  2. Gunakan koneksi yang stabil dan cepat. Selama ini kalau untuk di Banda Aceh, Koneksi yang paling stabil adalah Wifi.id. Cari lokasi yang tidak banyak orangnya. Jika tidak bisa pakai Wifi.id, koneksi smartfren juga baik pada beberapa lokasi di Banda Aceh.
  3. Tidak disarankan untuk melakukan login dari dua laptop yang berbeda karena akan terjadi conflict I.P.
  4. Disarankan tidak masuk melalui halaman beranda atau home yang beralamat di http://www.internsip.kemkes.go.id/. Tapi masuklah melalui alamat http://www.internsip.kemkes.go.id/sistem/index.php yang langsung menuju halaman login.
  5. Kunjungi website internship lebih sering beberapa hari sebelum waktu pemilihan. Setiap laptop yang kita gunakan memiliki alamat berupa 12 angka yang disebut Internet Protocol (I.P). I.P ini akan dicatat oleh server setiap website yang kita kunjungi. Biasanya I.P dengan kunjungan lebih sering akan mendapatkan prioritas pada server.
  6. Jangan hapus history browser internet kita setelah mengunjungi website internship beberapa hari sebelum karena pada browser terdapat “Cache” yang biasanya menyimpan data gambar dan files dari website yang kita kunjungi sehingga saat kita mengunjungi kembali website tersebut browser tidak perlu mendownload kembali gambar dan file. Misalnya pada website internship ada sekitar 3,74 mb yang harus didownload oleh browser agar website internship terbuka sempurna (Gambar 1). Contoh yang dimaksud “Cache” dapat dilihat pada gambar 2.
Baca Juga!  Penanganan Luka Robek: Apa Yang Harus Dilakukan?
Gambar 2. Tampilan delete browser history chrome. Jangan hapus yang tanda panah merah. Untuk history yang lain boleh dihapus.

Yang terakhir perbanyak berdoa dan sabar, rejeki kita tidak akan tertukar, Setiap dari kita memiliki pilihan yang menurut kita paling bagus tapi Allah selalu memberikan yang terbaik untuk kita. Semoga kita semua mendapatkan lokasi internship yang sesuai dengan keinginan kita dan semoga selalu dimudahkan dalam urusan internship ini ke depannya.

 

NB: Bagi yang punya tips dan trik lain atau ada pertanyaan, pendapat dan saran silakan tuliskan di kolom komentar. Bagi yang ingin latihan lansung. Silakan Japri Rifan di Line setiap hari pukul 11.00-14.00 WIB sampai sebelum hari pemilihan.

Berikan Komentar Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.