IRAMA SIRKARDIAN: JAM BIOLOGIS MANUSIA

faktor risiko penyakit jantung

Mengenal Hipotalamus

Hipotamalamus merupakan salah satu bagian pada otak tengah kita. Organ ini bekerja seolah-olah dirinya merupakan jam biologis yang mengatur ritme kerja organ-organ tubuh lainnya.

hipotalamus

Hipotalamus sangat sensitif terhadap rangsangan cahaya. Cahaya matahari yang masuk melalui mata pada siang hari akan diteruskan oleh saraf mata hingga ke hipotalamus. Ketika hal tersebut berlangsung hipotalamus akan menekan fungsi hipotalamus dan memaksa kelenjar pineal untuk mengurangi laju produksi hormon melatonin. Jika kadar hormon melatonin sedikit maka kita akan tetap terjaga, tidak akan muncul rasa kantuk.

irama sirkardian

Begitu pula sebaliknya, ketika malam hari tiba, intensitas cahaya yang masuk ke mata akan berkurang. Hal ini akan meningkatkan produksi melatonin. Ketika melatonin dalam tubuh meningkat maka akan muncul rasa kantuk. Tubuh kita akan memberikan dorongan yang kuat untuk segera mengakhiri aktivitas dan beranjak tidur (istirahat). Begitulah jam biologis kita memonitor dan mendeteksi pergantian waktu dengan bantuan dari hipotalamus.

Baca Juga!  Bukti Ilmiah VS Hoax Kedokteran Dan Kesehatan
Pages: 1 2 3