faktor risiko penyakit jantung

Mengenal Hipotalamus

Hipotamalamus merupakan salah satu bagian pada otak tengah kita. Organ ini bekerja seolah-olah dirinya merupakan jam biologis yang mengatur ritme kerja organ-organ tubuh lainnya.

hipotalamus

Hipotalamus sangat sensitif terhadap rangsangan cahaya. Cahaya matahari yang masuk melalui mata pada siang hari akan diteruskan oleh saraf mata hingga ke hipotalamus. Ketika hal tersebut berlangsung hipotalamus akan menekan fungsi hipotalamus dan memaksa kelenjar pineal untuk mengurangi laju produksi hormon melatonin. Jika kadar hormon melatonin sedikit maka kita akan tetap terjaga, tidak akan muncul rasa kantuk.

irama sirkardian

Begitu pula sebaliknya, ketika malam hari tiba, intensitas cahaya yang masuk ke mata akan berkurang. Hal ini akan meningkatkan produksi melatonin. Ketika melatonin dalam tubuh meningkat maka akan muncul rasa kantuk. Tubuh kita akan memberikan dorongan yang kuat untuk segera mengakhiri aktivitas dan beranjak tidur (istirahat). Begitulah jam biologis kita memonitor dan mendeteksi pergantian waktu dengan bantuan dari hipotalamus.

By Rifan Eka Putra Nasution

Dr. Rifan Eka Putra Nasution, Lahir di Aek Kanopan, Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, 29 Oktober 1992. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di kota kelahiran lalu menyelesaikan pendidikan tingginya pada Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.Dr. Rifan mendapatkan medali Emas pada Olimpiade Kedokteran Regional Sumatera Pertama untuk cabang Kardiovaskular-Respirologi dan menghantarkan dirinya menjadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Syiah Kuala pada tahun 2013. Pada tahun 2014, ia mendapatkan penghargaan Mahasiswa Kedokteran Berprestasi Se-Sumatera dari ISMKI Wilayah I.Saat ini beliau bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan Jabatan Dokter Ahli Pertama di UPTD Puskesmas Sukarame, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.Beliau juga aktif menulis di Media Online dan Situs Kedokteran dan Kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan Newsletter Kami

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima berita dan pembaruan terbaru dari tim kami.

Anda Telah Berhasil Berlangganan