Herbalife: Pro & Kontra MLM Suplemen Nutrisi

Featured Image Herbalife

Sebuah laporan kasus kegagalan fungsi liver atau hati yang mengarah kepada penggunaan produk herbalife menambah banyaknya laporan-laporan lain dari seluruh dunia untuk kondisi mirip.

Produk Herbalife

Produk Herbalife (Herbalife Nutrition [CC BY-SA])

Puluhan laporan kasus menunjukkan bahwa produk herbalife mengandung zat keras atau berbahaya. Termasuk zat-zat pencemar lainnya.

 

Produk-produk yang ditawarkan perusahaan multinasional ini juga belum memiliki cukup bukti uji klinis secara ilmiah terkait manfaat produk terhadap kesehatan.

 

Sebagian klaim manfaat kesehatan berdasarkan testimoni konsumen.

 

Berdasarkan laporan-laporan tersebut apakah produk layak untuk direkomendasikan digunakan terutama oleh teman sejawat dokter atau tenaga kesehatan lainnya?

 

Untuk langkah awal mari kita mengenal lebih dekat perusahaan multinasional dengan fokus produk suplemen makanan ini.

 

Apa itu herbalife?

Herbalife adalah perusahaan pemasaran berjenjang dan penjualan langsung atau bahasa kerennya perusahaan Multi level marketing (MLM) dan direct selling.

 

Perusahan ini berbasis di Los Angeles, CA, Amerika Serikat. La La Land. Kota basis industri perfilman Amerika Serikat.

 

Mark Hughes meluncurkan produk ini pada bulan Februari 1980 dengan cara menjual formula penurun berat badan originalnya secara langsung dari bagasi mobilnya.

Mark Hughes

Mark Hughes Pendiri Perusahaan (Calvowilliamson [CC BY-SA])

Produk ini mencapai angka penjualan yang fantastis 2 tahun kemudian yaitu sebesar 2 juta dollar Amerika.

 

Produk ini ditawarkan untuk pasar internasional pada tahun 1982. Dimana pasar pertama dibuka di Kanada lalu 12 negara menyusul kemudian.

 

Herbalife pertama kali dibuka secara resmi di Indonesia pada tahun 1998.

 

Saat ini perusahaan yang berfokus pada produk kesehatan terutama suplemen nutrisi dan penurun berat badan ini telah ada di 94 negara.

 

Perusahaan ini masih mencatatkan keuntungan miliaran dolar, $4,9 miliar dolar  hanya pada tahun 2018.

 

Kita tidak perlu memperdebatkan bahwa perusahaan suplemen nutrisi ini mengirimkan miliaran dolar suplemen gizi kepada ratusan ribu distributor independen mereka di seluruh dunia.

 

Kita bahkan sering melihat iklan Herbalife ini, bahkan jika kita tidak menyadarinya.

 

Pernahkah Anda melihat orang menggunakan pin yang bertuliskan: “Ingin turun berat badan sekarang?, Tanya saya bagaimana!”

 

Banyak orang yang menggunakan pin ini, terutama mereka yang menjadi distributor atau agen perusahaan ini.

 

Slogan di atas menjadi sangat populer bagi distributor herbalife untuk menarik pelanggan potensial dan merekrut agen baru.

 

Meski pun menghadapi rentetan “tuduhan” termasuk tuduhan dalam menjalankan skema piramida, Herbalife terus menjual produk bernilai hampir $ 5 miliar per tahun.

 

Bukan sekedar “tuduhan” tidak berdasar, Komisi Perdagangan Umum Amerika Serikat bahkan telah menjatuhkan sangsi kepada salah satu Raksasa penjual suplemen nutrisi ini.

 

Tapi, sanksi tidak diberikan karena perusahaan menggunakan “skema piramida”. Lalu, apa yang menjadikan FTC memberikan sanksi kepada Herbalife?

 

Herbalife dan Federal Trade Commision Amerika Serikat

Federal Trade Commission  (FTD) atau Komisi Perdagangan Umum Amerika Serikat merupakan sebuah lembaga yang bertujuan untuk melindungi konsumen dan persaingan usaha untuk mencegah praktik bisnis yang anti persaingan, penipuan, dan tidak adil melalui penegakan hukum, advokasi, dan edukasi tanpa terlalu membebani aktivitas bisnis yang sah.

 

Lalu, apa yang terjadi dengan bisnis Herbalife di Amerika Serikat dengan Federal Trade Commision?

 

Pada tahun 2016, FTC menggambarkan Herbalife sebagai sebuah fraud atau penipuan akan pola hidup sehat.

 

Perusahaan ini didenda oleh FTC sebesar 200 juta dolar Amerika dan diperintahkan untuk mengatur ulang sistem bisnisnya serta harus memberikan pengembalian terhadap 350 ribu distributornya.

 

Sebuah denda yang kecil untuk perusahaan dengan laba milyaran dolar.

 

Bila rekan-rekan pembaca sekalian tidak percaya. FTC juga kembali melaporkan pelaksanaan pengembalian tersebut terakhir pada bulan Mei tahun 2019 yang dapat dilihat melalui link berikut ini.

 

Herbalife Refunds FTC

 

Perusahaan ini berhasil lolos dari lubang jarum karena FTC tidak jadi memberikan label skema piramida kepada mereka.

Atas dasar keputusan FTC, yang hanya mendenda perusahaan untuk mengembalikan kemungkinan kerugian distributornya, kepercayaan konsumen kepada perusahaan meningkat dan harga saham mereka melonjak ke rekor tertinggi. Diikuti dengan peningkatan penjualan produk mereka.

 

Terserah apa pun pandangan Anda terhadap perusahaan ini, apakah mencintainya atau membencinya, Herbalife tetap menjadi kisah sukses salah satu MLM besar hingga hari ini.

Baca Juga!  TERAPI OKSIGEN, PEMUSNAH VIRUS ?

 

Lalu, seberapa besar perusahaan ini hingga dikatakan perusahaan sukses?

 

Seberapa Besar Perusahaan Herbalife?

Perusahaan ini mendistribusikan produknya ke lebih dari 90 negara dan membuat mereka dalam daftar 500 perusahaan menengah terbaik menurut Forbes pada tahun 2019.

 

Perusahaan ini tampaknya juga menyukai olahraga sepak bola. Mereka menjadi sponsor resmi superstar sepak bola dunia Cristiano Ronaldo dan tim sepak bola liga utama Amerika Serikat LA Galaxy.

LA Galaxy dan Herbalife

LA Galaxy dan Herbalife (Victor Araiza [CC BY])

Selain itu, mereka juga memiliki lembaga amal: The Herbalife Nutrition Foundation yang menyediakan nutrisi sehat untuk anak-anak yang membutuhkan.

 

Perusahaan mengumpulkan 1,8 juta dolar Amerika untuk lembaga amal mereka.

 

Hal tersebut di atas sesuai dengan keyakinan perusahaan yang dinyatakan dalam tanggung jawab sosial yang juga mencakup program kesehatan karyawan dan inisiatif untuk “hidup hijau”.

 

Apakah Produk Herbalife Aman dan Menyehatkan?

Pada dasarnya perusahaan ini memiliki lima kategori produk dasar.

 

Formula 1, 2, dan 3 adalah produk inti mereka yang menjadi kategori produk pertama. Formula ini merupakan versi baru dari formula asli yang dijual Mark Hughes selama tahun 80-an.

Formula 1 wild berry

Formula 1 wild berry (Herbalife Nutrition [CC BY-SA])

Perusahaan ini menawarkan solusi menurunkan berat badan, multivitamin, dan produk energi serta kebugaran.

 

Meskipun, perusahaan ini kebanyakan menjual pil dan bubuk nutrisi mereka juga baru-baru ini menambahkan produk perawatan kulit dan rambut ke dalam katalog mereka yang terus berkembang dengan produk yang lebih modern.

 

Lalu, pertanyaannya seberapa baik produk mereka?

 

Jawaban saya untuk pertanyaan ini adalah tergantung kepada siapa Anda bertanya.

 

Sama seperti MLM lainnya, perusahaan ini memiliki penggemar dan pembenci.

 

Bila Anda tidak percaya, silakan baca kolom komentar pada tulisan saya berikut ini:

Bioglass: Kebohongan dari Para Pencari Keuntungan?

 

Pencarian singkat dengan googling kata kunci herbalife di Indonesia akan menampilkan website utama pada pencarian peringkat 1 dan dibawahnya banyak situs jual beli online dengan ribuan review positif.

 

Tapi, sulit untuk membedakan mana review yang jujur dan mana review bayaran di zaman digital seperti sekarang ini.

 

Beberapa konsumen mengeluhkan kram perut atau tidak menyukai rasa produk herbalife tertentu.

 

Beberapa lainnya, bukan sekedar kram perut tapi kegagalan fungsi hati. Inilah yang menjadikan kalangan medis yang kontra terhadap produk dari perusahaan ini meragukan keamanan dan kesehatannya.

 

Meskipun perusahaan dinobatkan sebagai salah satu perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di Amerika Serikat, perusahaan MLM ini terus menarik perhatian dan mendapatkan kritik serta penolakan dari dokter, ahli gizi, serta lembaga negara bagian dan federal.

 

Hal ini menyebabkan banyak tekanan fisik dan emosional untuk Mark Hughes, yang menyebabkan konsumsi alkohol berlebihan dan dia merokok hingga delapan cerutu sehari.

 

Kondisi ini sangat merugikan kesehatannya dan pada musim panas tahun 2000, Mark Hughes meninggal secara tragis pada usia 44 tahun karena overdosis antidepresan dan alkohol.

 

Lalu, seberapa besar laporan terhadap masalah kesehatan yang dimunculkan oleh produk ini?

 

Herbalife dan Kegagalan Fungsi Hati

Terdapat lebih dari 50 laporan kasus tentang keracunan yang disebabkan oleh produk perusahaan ini di Spanyol, Israel, Amerika Latin, Swiss, Islandia, dan Amerika Serikat.

Herbalife Aman untuk Kesehatan

Herbalife Aman untuk Kesehatan? (Herbalife Nutrition [CC BY-SA])

India merupakan negara dengan pemasaran produk tertinggi. Artikel ilmiah tahun lalu yang berjudul “Slimming to the Death” menjadi laporan pertama tentang kegagalan fungsi hati di wilayah Asia Pasifik. Kegagalan fungsi hati ini terjadi di India.

 

Laporan ini terindeks pada Pubmed dan dapat Anda temukan melalui link berikut ini:

Slimming to the Death: Herbalife®-Associated Fatal Acute Liver Failure-Heavy Metals, Toxic Compounds, Bacterial Contaminants and Psychotropic Agents in Products Sold in India.

 

Sayangnya, Elsevier sebagai penerbit utama jurnal tersebut menarik artikel ilmiah ini karena alasan hukum.

 

Kutipan resminya adalah sebagai berikut:

This article has been removed at the request of the Editor-in-Chief and Indian National Association for theStudy of the Liver (INASL).

 

The article, which was published in the March-April 2019 issue of the journal, has been removed for legal reasons. However the decision to remove the article does not imply admission of any allegation made about the article by any party.

 

Laporan kasus lainnya juga banyak dilaporkan. Cara paling mudah menemukan mereka adalah melakukan pencarian di pubmed menggunaan kata kunci Herbalife. Atau cukup Anda klik link di bawah ini.

Baca Juga!  Manfaat Pengukuran Kadar pH: Memilah Informasi pHakta atau pHiksi

 

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/?term=herbalife

 

Dibalik, segala kontroversi laporan terkait produk ini apakah aman mengonsumsi produk ini?

 

Rekomendasi Penggunaan Produk

Sayangnya saya bukan pakar gizi atau ahli nutrisi. Bagaimana pun, sumber protein dan nutrisi alami lainnya dari makanan yang kita konsumsi jauh lebih baik dibandingkan nutrisi dari pada pil atau bubuk apa pun.

 

Tapi, sebagai seorang dokter yang dituntut harus berhati-hati untuk tidak menyebarluaskan manfaat kesehatan dari produk tertentu yang belum berdasarkan bukti ilmiah (evidence) dan/atau diakui di bidang kedokteran.

 

Saya harus menyatakan bahwa klaim herbalife terhadap produknya terkadang terlalu berlebihan.

 

Distributornya membuat klaim produk yang luar biasa dan boleh dikatakan bisa jadi suatu penipuan seperti yang telah diputuskan FTC.

 

Di sisi lain, perusahaan juga tidak memperjelas bahwa membuat klaim yang berlebihan terhadap produk mereka sangat dilarang dan alasan untuk pemutusan kontrak terhadap agen atau distributor mereka.

 

Tapi, sepanjang pengetahuan saya, hampir seluruh MLM yang menjual produk terkait dengan kesehatan memiliki beberapa distributor atau agen yang membuat klaim berlebihan terhadap produk mereka.

 

Ya, sebagian besarnya hanya berdasarkan testimoni.

 

Pro dan Kontra MLM Suplemen Nutrisi

Untuk bagian ini saya akan mencoba memberikan pandangan mengapa bisnis MLM ini baik dan buruk bila Anda ingin terlibat didalamnya.

 

Pro

Setidaknya terdapat 4 poin penting yang saya masukkan ke dalam topik diskusi pro terhadap herbalife ini. Kemungkinan 4 hal ini yang membuat perusahaan terus bertahan.

 

  1. Sejarah Kesuksesan Perusahaan

Perusahaan ini telah ada selama empat dekade, waktu yang cukup lama untuk bisnis MLM.

 

Terlepas kontroversinya dengan kongres dan pakar kesehatan lainnya di Amerika, tuntutan hukum yang tak terhitung jumlahnya, dan bahkan tantangan besar di pasar saham Wall Street. Perusahaan ini tahu bagaimana cara untuk bertahan dan berkembang.

 

Penjualan miliaran dolar setiap tahun adalah indikator yang cukup bagus bahwa Herbalife tidak akan berakhir dalam waktu dekat.

 

  1. Sponsor dan dukungan dari orang-orang terkenal

Ketika seseorang datang untuk menjual produk MLM tertentu (atau membangun downline), meyakinkan setiap orang bahwa produk tersebut adalah bagus menjadi tantangan yang besar.

 

Bahkan bila kualitas produk tinggi, keberhasilan Anda dalam MLM tergantung pada kemampuan Anda untuk membuktikan bahwa produk yang Anda promosikan benar-benar berfungsi.

 

Dan salah satu cara ampuh untuk meyakinkan orang bahwa produk tersebut hebat adalah menyewa selebriti sebagai juru bicara atau mempromosikan produk kita.

 

Inilah yang membuat perusahaan membayar banyak uang kepada orang kaya dan terkenal sehingga mereka dapat terlihat publik menggunakan atau mengonsumsi produk mereka.

Dan perusahaan ini sangat ahli dalam strategi ini.

 

Menghabiskan jutaan dolar untuk kontrak dengan mega bintang sepak bola Portugal, Atlet Olimpiade, bahkan seluruh tim sepak bola Los Angeles Galaxy.

 

Kemampuan Anda sebagai distributor atau agen perusahaan untuk mengarahkan bahwa atlet-atlet terkenal juga menggunakan produk perusahaan menjadikan pekerjaan Anda sebagai distributor jauh lebih mudah.

 

Lagi pula, konsumen akan berpikiran bahwa jika produk tersebut cukup baik untuk atlet profesional, mungkin cukup baik pula untuk orang kebanyakan.

 

  1. Kebijakan Pengembalian Dana Satu Tahun untuk Distributor baru

Menurut situs resmi Herbalife:

 

Jika perjanjian kerja sama dengan distributor dibatalkan karena alasan apa pun, Anda dapat mengembalikan semua produk yang belum dibuka yang dibeli dalam 12 bulan sebelumnya untuk pengembalian dana penuh.

 

Perusahaan juga menyatakan:

Ada jaminan uang kembali 12 bulan yang sepenuhnya dapat dikembalikan untuk biaya Paket Bisnis Internasional jika Kedistributoran dibatalkan karena alasan apa pun.

 

Sangat luar biasa Anda bisa mendapatkan pengembalian uang bila Anda tidak berhasil untuk menjual produknya.

 

Ini menjadi salah satu alasan utama mengapa perusahaan ini menjadi sangat populer dengan jaminan bebas risiko yang sulit untuk dilewatkan.

 

Perusahaan juga memiliki kebijakan pengembalian dana 30 hari untuk pelanggan reguler (Yang bukan distributor) jika mereka ingin mengembalikan produk yang tidak digunakan.

 

  1. Beramal selalu baik

Perusahaan ini memiliki lembaga amal yang disebut sebagai Herbalife Family Foundation (aka Herbalife Nutrition Foundation) atau Casa Herbalife.

 

Terlepas dari apa pun motivasi sebenarnya (bisa jadi motivasinya adalah bisnis) setiap amal selalu baik.

 

Kontra

Untuk bagian kontra setidaknya terdapat beberapa pokok pemikiran yang harus saya sampaikan.

 

Yang pertama adalah perusahaan ini penuh dengan kontroversi dan litigasi.

 

Perusahaan ini sangat dikenal begitu pula di Indonesia. Perusahaan ini telah bertahan selama beberapa dekade dari tuntutan hukum yang berasal dari kebohongan terkait manfaat produk mereka dan tuntutan lainnya.

Baca Juga!  Lima Kebohongan Detoksifikasi Tubuh & Racun Tubuh

 

Yang kedua adalah banyak keluhan buruk terhadap mereka.

Semua MLM memiliki bagian dari kritik dan pembenci.

 

Tetapi ketika Anda dinilai oleh jaringan media besar seperti ABC dan HBO melakukan investigasi terhadap perusahaan Anda, dikombinasikan dengan ratusan keluhan konsumen, itu membuat jauh lebih sulit untuk membangun bisnis rumahan dari pada seharusnya.

 

Kontra yang ketiga, Herbalife bukan satu-satunya MLM yang menawarkan produk-produk mahal yang mereka harapkan distributornya dengan mudah dijual dengan harga penuh.

 

Tetapi Herbalife mengalami nasib yang sama dengan banyak perusahaan pemasaran jaringan.

 

Pertama-tama, produk mereka, mulai dari protein shake hingga multivitamin dan sekarang perawatan kulit semuanya sangat mirip dengan produk yang sebanding yang dapat Anda beli di tempat lain.

 

Harga mahal ini menyulitkan Anda untuk menjual produk kepada orang lain.

 

Alasan yang keempat adalah belum cukup bukti ilmiah yang menunjukkan produk ini bermanfaat untuk di konsumsi.

Micheal T. Bogumill, direktur program pada Departemen Layanan Kesehatan California Amerika Serikat mengatakan bahwa, “Orang-orang ini (herbalife) merupakan pemasar (marketing) yang hebat, dan semua orang mencari ramuan ajaib. Tapi, tidak ada keajaiban pada produk mereka. Yang ada hanya banyak uang yang terlibat.”

 

Di sisi lain, berdasarkan website official herbalife Indonesia terdapat, 180 ilmuwan dimana 19 di antaranya memiliki gelar PhD, 30 ilmuwan konsultan, semua bergelar PhD.

 

Website ini juga menyampaikan bahwa dari bulan Januari 2011 hingga sekarang (Maret 2012), perusahaan telah menginisiasikan 12 studi klinis, lima di antaranya berhubungan khusus dengan produk Formula 1.

 

Namun, sangat sulit untuk menemukan laporan atau jurnal terkait 12 studi klinis tersebut pada database jurnal kedokteran dan kesehatan.

 

Hasil pencarian pada halaman https://clinicaltrials.gov, yang merupakan database dari studi klinis yang didanai secara pribadi atau publik di seluruh dunia menghasilkan terdapat 6 uji klinis dengan intervensi menggunakan produk perusahaan ini.

 

Uji klinis menggunakan produk-produk suplemen nutrisi ini dilakukan pada jumlah subjek penelitian yang beragam (16-325 orang). Namun, Sangat disayangkan tidak satu pun dari keenam uji klinis ini yang memiliki catatan hasil penelitian pada situs https://clinicaltrials.gov.

 

Perusahaan memiliki institut nutrisi yang berperan dalam penelitian terkait produk mereka. Terdapat 10 uji klinis yang meneliti terkait keamanan dan efikasi produk perusahaan (formula 1) pada situs resmi mereka. Tidak banyak penelitian terkait dengan produk-produk lainnya yang dimuat pada website ini.

 

Tapi, apakah semua ini cukup? Saya hanya berusaha mengumpulkan data dan fakta. Kesimpulannya tetap berada pada diri Anda.

 

Kesimpulan

Dibalik sejarah panjang perusahaan, kontroversi, litigasi, keluhan konsumen sederhana hingga gangguan fungsi liver parah, perusahaan ini tetap bertahan hingga saat ini.

 

Laporan efek samping gangguan fungsi liver parah sebagian besar merupakan laporan kasus, bukan bukti penyebab yang pasti. Akan tetapi, laporan toksisitas liver atau hati ini muncul dari banyak negara.

 

Bisa jadi kondisi ini muncul karena kurangnya kemurnian dan keamanan proses terkait dengan produksi atau distribusi produk yang dijual pada pasar internasional.

 

Suplemen makanan apa pun tidak dapat direkomendasikan hingga diteliti dengan baik dan diatur dengan baik pula peredaran serta perdagangannya kepada konsumen.

 

Namun, sekali lagi belum cukup bukti ilmiah untuk merekomendasikan produk-produk perusahaan ini agar dikonsumsi.

 

Hariet Hall seorang dokter keluarga sekaligus penulis tentang pseudosains dan praktik medis yang dipertanyakan menyatakan bahwa, “Tidak ada bukti ilmiah yang dapat dipercaya bahwa produk yang mereka tawarkan benar-benar meningkatkan kesehatan, sehingga risiko yang muncul harus diseimbangkan dengan ketiadaan bukti manfaat. Dengan ketiadaan manfaat yang terbukti, bahkan dugaan terhadap risiko produk yang mungkin tidak dapat diterima.”

 

Kini, pilihan tersebut ada pada diri Anda sendiri.

 

Saya pribadi bukan seseorang yang membenci MLM atau berusaha untuk menjatuhkan perusahaan ini.

 

Saya hanya mengumpulkan data dan menuliskan data tersebut dengan menambahkan opini pribadi pada artikel ini.

 

Sekarang, giliran Anda yang memutuskan.

 

Khusus untuk teman sejawat, ingatlah bahwa promosi Anda terhadap produk MLM terkait bidang kedokteran dan kesehatan melanggar Kode Etik Kedokteran Indonesia.

 

Semoga bermanfaat.

 

NB: Saya tidak menuliskan referensi yang saya gunakan pada artikel ini dalam bagian khusus. Silakan klik link pada kalimat untuk melihat referensi yang saya gunakan.

 

Aturan Berkomentar:

Saya merupakan pribadi yang terbuka untuk mendengar dan mengambil berbagai sudut pandang dan berdiskusi dengan cerdas.

 

Tapi, jujur bahwa saya “sangat senang” betapa kemarahan dan kebencian yang muncul dari komentar terutama dari agen dan distributor yang merasa saya mengkritik atau bahkan menjatuhkan perusahaan mereka.

 

Website ini merupakan situs pribadi Saya. Seluruh Komentar akan saya terima apabila tidak berisi kata kasar dan kata-kata kotor.

 

Bila Anda merasa Artikel ini tidak adil untuk Anda silakan buat artikel yang kontra terhadap artikel ini atau sampaikan pendapat Anda dengan baik di kolom komentar.