Gen Kecerdasan Tidak Diturunkan Oleh Wanita

gen kecerdasan

Gen Kecerdasan

Penelusuran awal saya menemukan sebuah publikasi terbaru terkait dengan gen kecerdasan. Penelitian yang dilakukan di Imperial College London telah menemukan bahwa dua jaringan gen yang menentukan apakah seseorang cerdas atau tidak cemerlang.

Dr. Michael Johnson, yang merupakan penulis utama pada publikasi tentang “gen kecerdasan” yang diterbitkan oleh The Journal Nature Neuroscience mengungkapkan bahwa:

“Kita tahu bahwa genetika memainkan peran utama dalam kecerdasan tetapi sampai sekarang belum diketahui gen yang relevan.”

“Penelitian ini menyoroti beberapa gen yang terlibat dalam kecerdasan manusia, dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Penelitian kami menyarankan bahwa modifikasi pada gen tersebut dapat digunakan untuk modifikasi kecerdasan. Akan tetapi, hal ini masih sekedar teori dan kami masih dalam tahap penelitian awal.”

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan cara mengambil sampel otak manusia pada pasien yang menjalani bedah saraf untuk pengobatan epilepsi. Peneliti melakukan analisa terhadap ribuan gen yang diekspresikan oleh otak kita dengan menggunakan metode analisis bioinformatik. Hasil ekspresi gen tersebut kemudian dibandingkan dengan informasi genetik yang didapatkan dari orang sehat dan juga pasien dengan gangguan neurologis yang menjalani tes kecerdasan.

Peneliti menemukan bahwa beberapa gen yang sama yang mempengaruhi kecerdasan manusia pada orang yang sehat juga gen yang sama yang menyebabkan gangguan kemampuan kognitif dan epilepsi ketika bermutasi, Hubungan atau jaringan antar gen ini yang mereka sebut M1 dan M3.

Penelitian sebelumnya yang juga dilakukan di Imperial College London menyimpulkan bahwa tingkat kecerdasan diturunkan secara genetik. Mereka meneliti 12.500 anak kembar dan menemukan bahwa kecerdasan diwariskan oleh genetik sebesar 54-65%.

Sedangkan faktor lingkungan seperti rumah, keluarga, dan lingkungan sekolah menyumbang sekitar 14-21% untuk kecerdasan. Sisanya, kecerdasan juga dipengaruhi oleh penyakit dan juga teman bermain.

Baca Juga!  Leptospirosis: Ancaman Infeksi di Musim Banjir

Akan tetapi, ahli genetik memperingatkan bahwa memiliki gen kecerdasan tidak menjamin kesuksesan. Darren Griffin, Profesor Genetika dari  Universitas Kent berkata:

“Genetika adalah ilmu pewarisan sifat, bukan faktor pra-determinisme (penentu), tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras dan usaha untuk mencapai kesuksesan.”

Pages: 1 2 3 4 5 6 7