Featured Image Fakta Jantung

Jantung adalah organ terpenting dalam tubuh kita. Bila jantung berhenti bekerja sekejab saja untuk memompa darah, maka tubuh kita tentu akan mengalami banyak masalah. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas Fakta Jantung yang menarik.

Fakta Seputar Detak Jantung
Fakta Seputar Detak Jantung

Jantung Kita berdetak lebih dari 100.000 kali setiap hari dan Lebih dari 2 Milyar kali selama Kita hidup. Bila teman-teman tidak percaya, Cobalah menghidung detak jantung selama 1 menit dan dikalikan dengan 1.440.

Fakta Jantung Memompa Darah
Fakta Jantung Memompa Darah dalam jumlah yang besar

Fungsi utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung Kita memompa darah sebanyak 1 juta Tong seumur hidup. Ukuran tong di sini adalah tong besar yang sering digunakan untuk menyimpan minyak.

Fakta Seputar Katup Jantung
Fakta Seputar Katup Jantung

Terdapat 4 katup jantung yang berfungsi untuk membuat aliran darah kita mengalir dengan tepat. Keempat katup tersebut adalah Trikuspid, Mitral, Aorta, dan Pulmonal.

Fakta Jantung Memompa Darah Ke Paru-Paru dan Seluruh Tubuh
Fakta Jantung Memompa Darah Ke Paru-Paru dan Seluruh Tubuh

Jantung Kanan Memompa darah ke Paru-Paru. Sedangkan Jantung Kiri Memompa Darah Ke Seluruh Tubuh. Total seluruh darah yang dipompa jantung kita seumur hidup cukup untuk mengisi 100 kolam renang ukuran Olimpiade.

Fakta Seputar Elektrofisiologi Jantung
Fakta Seputar Elektrofisiologi Jantung

Fakta jantung yang berikutnya terkait dengan sistem kelistrikan jantung. Pada jantung kita terdapat sebuah tonjolan kecil. Lokasi persisnya pada Bilik Kanan Jantung. Tonjolan ini disebut sebagai Nodus Sinoatrial. Tonjolan ini mencetuskan implus listrik ke seluruh jalur konduksi jantung sehingga jantung kita dapat berdetak teratur.

Fakta Lain Pompa Jantung Lainnya
Fakta Lain Pompa Jantung Lainnya

Sebab jantung berperan sebagai pompa maka setiap pompa memiliki tekanan. Tekanan Pompa Jantung Kita Sangat Kuat. Saking kuatnya aliran darah kita bisa memercik sejauh 9 meter.

Denyut Jantung Kita lebih Lambat dibanding burung Kolibri
Denyut Jantung Kita lebih Lambat dibanding burung Kolibri

Denyut nadi normal kita adalah 60 hingga 100 kali per menit. Angka tersebut sangat kecil dibandingkan denyut nadi burung Hummingbird. Denyut nadi burung kecil in adalah 1.250 kali per menit.

Fakta Pembuluh Darah Aorta
Fakta Pembuluh Darah Aorta

Pembuluh darah arteri terbesar kita disebut Aorta. Ukurannya hampir sama dengan ukuran selang air yang sering kita gunakan untuk menyiram tanaman di taman.

Fakta Denyut Nadi Wanita
Fakta Denyut Nadi Wanita

Detak jantung wanita lebih cepat dibandingkan pria. Kondisi ini terjadi sebab wanita pada umumnya lebih kurus dan memiliki volume darah yang lebih sedikit dibandingkan pria.

Fakta Seputar Vena
Fakta Seputar Vena

Satu-satunya pembuluh darah balik (vena) yang kaya oksigen adalah vena pulmonalis. Vena ini membawa darah kaya oksigen dari paru-paru menuju Bilik Kiri. Darah kemudian diteruskan ke Serambi Kiri Jantung untuk dipompa ke seluruh tubuh.

Pembuluh Arteri Miskin Oksigen
Pembuluh Arteri Miskin Oksigen

Satu-satunya pembuluh darah arteri yang mengandung darah miskin oksigen adalah arteri pulmonalis. Arteri ini membawa darah miskin oksigen dari Serambi Kanan Jantung. Darah di bawa ke Paru-Paru dan mengalami peristiwa difusi menjadi darah bersih.

Hal Menarik Seputar Serangan Jantung
Hal Menarik Seputar Serangan Jantung

Seluruh kejadian serangan jantung akan menyebabkan jaringan parut pada otot jantung. Hal ini menyebabkan sebagian otot jantung tidak berfungsi sebagai pompa. Kondisi ini merupakan perkembangan awal menuju gagal jantung.

Tentang Defibrilator
Tentang Defibrilator

Alat Kejut Jantung (Defibrilator) tidak digunakan untuk memulai kembali jantung yang berhenti berdetak. Berbeda seperti yang tampak di sinetron, alat ini tidak digunakan ketika monitor garis lurus. Melainkan untuk mereset beberapa irama jantung tidak normal.

Tentang Sel Darah Merah
Tentang Sel Darah Merah

Sel darah merah merupakan salah satu komponen darah. Sel ini berperan dalam mengangkut oksigen. Dibutuhkan waktu sekitar 20 detik untuk satu sel darah merah selesai mengitari seluruh pembuluh darah pada tubuh kita.

 

Itulah beberapa fakta jantung yang berhasil kami kumpulkan. Nantikan Fakta-fakta seputar jantung lainnya.

 

On sent seulement comme un picotement cutané quand on prend viagra et on rougit un peu. C’est tout et ce n’est pas un problème. www.cialispascherfr24.com Cela aide très bien.

By Rifan Eka Putra Nasution

Dr. Rifan Eka Putra Nasution, Lahir di Aek Kanopan, Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, 29 Oktober 1992. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di kota kelahiran lalu menyelesaikan pendidikan tingginya pada Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.Dr. Rifan mendapatkan medali Emas pada Olimpiade Kedokteran Regional Sumatera Pertama untuk cabang Kardiovaskular-Respirologi dan menghantarkan dirinya menjadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Syiah Kuala pada tahun 2013. Pada tahun 2014, ia mendapatkan penghargaan Mahasiswa Kedokteran Berprestasi Se-Sumatera dari ISMKI Wilayah I.Saat ini beliau bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan Jabatan Dokter Ahli Pertama di UPTD Puskesmas Sukarame, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.Beliau juga aktif menulis di Media Online dan Situs Kedokteran dan Kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.