Tubuh manusia terbentuk atas milyaran bahkan triliyunan sel-sel yang memiliki tugas masing-masing sehingga membentuk jaringan, organ, hingga sistem organ yang sangat kompleks. Pada sistem yang kompleks ini terdapat beberapa fakta yang mungkin belum pernah anda tahu terkait dengan tubuh kita.

1. Jika kita bersin dengan keras, maka bersin tersebut mampu untuk mematahkan iga kita. Jika kita mencoba untuk menahan bersin kita dapat mengalami pecah pembuluh darah otak atau leher, yang dapat menyebabkan kematian. Satu hal yang paling menarik adalah seseorang dapat mengalami pecah kepala ketika dia mencoba bersin dan buang angin secara bersamaan.

2. Kulit adalah organ terbesar yang terdapat di tubuh manusia. Apabila kulit dibentangkan maka akan menutupi daerah seluas 20 meter persegi. Setiap orang membuang 18 kg kulitnya sepanjang hidup.

3. Jika kita mengukur tinggi badan kita pada malam hari kita akan bertambah pendek sekitar 8 mm. Namun ketika kita tertidur dan bangun kembali di pagi hari maka tinggi badan kita akan kembali. Hal ini terjadi karena pada siang hari saat kita melakukan aktivitas maka gaya gravitasi akan menekan cakram tulang rawan yang menghubungkan setiap tulang belakang kita sehingga kita menjadi pendek di malam hari.

4. Jantung kita dapat menyemprotkan darah sejauh 9 m.

5. Kita dapat menemukan 20 juta makhluk mikroskopik  hidup di kulit kita hanya pada kulit dengan luas 5 cm persegi.

6. Tubuh kita selalu mengeluarkan panas. Jika kita mengukur kalor yang dikeluarkan tubuh kita selama 30 menit dan mengumpulkannya maka kalor tersebut dapat kita gunakan untuk mendidihkan 2 liter air.

7. Sepanjang  hidup Mulut kita menghasilkan saliva yang dapat memenuhi  2 buah kolam renang ukuran olimpiade.

8. Percaya atau tidak urin yang sehat jauh lebih bersih daripada air liur dan kulit wajah kita. Karena urin yang sehat hanya mengandung sedikit bakteri atau tidak ada sama sekali.

9. Hidung kita dapat membedakan 50.000 bau yang berbeda.

10. Kita masih dapat tetap hidup tanpa makan selama berminggu-minggu. Tetapi kita haya dapat hidup selama 11 hari jika kita tidak tidur, bahkan ada yang meninggal akibat tidak tidur selama 3-4 hari.

11. Setiap saat otak kita menerima 100 milyar potongan informasi dari telinga, hidung, mata, kulit dan lidah kita.

12. Percaya atau tidak? Lebih banyak poulasi bakteri di dalam mulut kita dari pada populasi penduduk dunia saat ini.

13. Jika kita menghubungkan seluruh jaringan yang ada di dalam sistem saraf kita dan membentuknya menjadi sebuah garis lurus maka panjangnya adalah 3,2 Milyar kilometer.

14. Siapakah Otot terkuat ditubuh kita? Jawabannya adalah Otot Lidah.

15. Rambut yang paling cepat tumbuh pada diri kita adalah janggut. Jika seorang pria membiarkkan janggut mereka terus tumbuh tanpa memotongnya maka janggut dapat mencapai panjang 9 meter.

16. Jika kita menggabungkan seluruh bulu mata kita seumur hidup maka panjangnya dapat mencapai 3 meter.

17. Asam Lambung kita dapat dengan mudah menghancurkan sebuah paku.

By Rifan Eka Putra Nasution

Dr. Rifan Eka Putra Nasution, Lahir di Aek Kanopan, Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, 29 Oktober 1992. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di kota kelahiran lalu menyelesaikan pendidikan tingginya pada Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.Dr. Rifan mendapatkan medali Emas pada Olimpiade Kedokteran Regional Sumatera Pertama untuk cabang Kardiovaskular-Respirologi dan menghantarkan dirinya menjadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Syiah Kuala pada tahun 2013. Pada tahun 2014, ia mendapatkan penghargaan Mahasiswa Kedokteran Berprestasi Se-Sumatera dari ISMKI Wilayah I.Saat ini beliau bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan Jabatan Dokter Ahli Pertama di UPTD Puskesmas Sukarame, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.Beliau juga aktif menulis di Media Online dan Situs Kedokteran dan Kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.