air alkali 2

Air Alkali dan Manfaatnya Bagi Kesehatan?

air alkaliAnda mungkin pernah mendengar istilah air alkali atau anda mungkin pernah ditawari untuk mengkonsumsi air tersebut atau bahkan ditawarkan untuk membeli mesin produksinya serta membantu proses penjualannya. Beberapa informasi yang Anda peroleh terkait dengan air ini pasti akan selalu menyertakan manfaat konsumsi air terhadap kesehatan. Beberapa klaim menyebutkan bahwa air ini dapat memperlambat proses penuaan, membuat pH tubuh cenderung negatif, hingga dapat mencegah berbagai penyakit kronik bahkan mencegah kanker. Akan tetapi, pernahkan muncul dalam benak Anda bagaimana proses air tersebut dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit dan memberikan berbagai manfaat lainnya? Artikel ini akan memberikan gambaran singkat apa itu air alkali dan ulasan serta penjabaran bukti ilmiah terkait dengan manfaat air tersebut terhadap kesehatan.

 

Apa yang Dimaksud dengan Air Alkali?

Kata Alkali yang digunakan pada istilah air alkali merujuk kepada kadar pH. Kadar pH sendiri merupakan suatu satuan yang digunakan untuk menentukan seberapa asam atau basa suatu cairan. Kadar pH memiliki rentang nilai mulai dari 0-14. Sebagai contoh: perasan air jeruk nipis akan memiliki kadar pH sekitar 4-5. Hal ini menunjukkan bahwa air jeruk memiliki sifat asam. Demikian pula dengan zat asam yang terdapat pada lambung (pH 1-2). Kadar pH 7 dianggap sebagai kadar pH neutral sedangkan semua larutan dengan kadar pH lebih dari 7 dianggap bersifat basa atau alkali.

 

Air alkali tentu saja merupakan air dengan kadar pH lebih dari 7. Air ini biasanya memiliki kadar pH 8-9. Kondisi alkali atau basa inilah yang dianggap oleh sebagian orang pendukung konsumsi air ini yang akan dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Mereka percaya bahwa alkali dapat menetralkan kondisi asam pada tubuh. Apakah air tersebut benar memberikan manfaat terhadap kesehatan?

pH air

 

Manfaat Air Alkali Bagi Kesehatan Tubuh

Hingga saat ini, manfaat air alkali terhadap kesehatan tubuh masih menjadi suatu hal yang kontroversial. Banyak ahli kesehatan yang meragukan manfaat mengkonsumsi air ini. Pada umumnya, mereka beranggapan bahwa belum terdapat bukti ilmiah yang cukup untuk dapat mendukung manfaat air alkali bagi kesehatan seperti yang diungkapkan oleh klaim para pendukung atau pengkonsumsinya.

air alkali 2

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic, air biasa dengan pH neutral merupakan cairan terbaik bagi tubuh untuk sebagian besar orang. Mayo Clinic juga mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat air alkali terhadap kesehatan.

 

Meskipun demikian, terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan manfaat air alkali bagi kesehatan dan bermanfaat pada populasi serta kondisi tertentu:

  1. Penelitian yang dilakukan oleh Koufman JA menunjukkan bahwa konsumsi air dengan pH 8,8 akan membuat pepsin menjadi tidak aktif. Pepsin sendiri merupakan hormon yang berperan dalam proses pembentukan asam lambung. Berdasarkan temuan ini Koufman JA menyimpulkan bahwa air dengan pH 8,8 dapat memiliki efek teurapetik terhadap pasien dengan gangguan asam lambung dan penyakit refluks.
  2. Penelitian lainnya yang dilakukan oleh Wang Yu-Lian menunjukkan bahwa konsumsi air alkali dapat bermanfaat bagi penderita hipertensi, diabetes dan kolesterol tinggi
  3. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 terhadap 100 orang yang diminta untuk mengkonsumsi air alkali menunjukkan perbedaan kadar viskositas (kekentalan) darah dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi air alkali. Kondisi ini memungkin pengantaran oksigen yang lebih baik kejaringan tubuh pada orang yang mengkonsumsi air alkali.

 

Bagaimanapun, penelitian tersebut hanya dilakukan dengan jumlah subjek penelitian yang kecil. Sehingga penelitian lebih lanjut dengan melibatkan subjek penelitian yang lebih besar harus dilakukan untuk membuktikan secara ilmiah klaim kesimpulan manfaat air alkali terhadap kesehatan. Beberapa penelitian lainnya juga belum cukup untuk memberikan bukti ilmiah bahwa air tersebut benar bermanfaat untuk kesehatan.

 

Pendukung dan pengkonsumsi air alkali mempercayai bahwa air ini bermanfaat bagi kesehatan meskipun tidak didukung oleh bukti ilmiah. Manfaat konsumsi air ini yang dipercayai oleh para pendukungnya antara lain:

  • Mencegah penuaan
  • Membersihkan saluran pencernaan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menurunkan berat badan, dan
  • Mencegah penyakit kronik termasuk kanker

 

Klaim-klaim tersebut harus dibuktikan dengan melakukan penelitian ilmiah yang lebih lanjut sehingga didapatkan bukti bahwa air alkali bermanfaat bagi kesehatan. Selama bukti ilmiah tersebut belum diperoleh maka manfaat air alkali bagi kesehatan hanya klaim kosong atau suatu bentuk kepercayaan pengkonsumsinya semata.

 

Wallahu A’lam Bishawab

 

 

Daftar Pustaka:

  1. Koufman JA, Johnston N. Potential benefits of pH 8.8 alkaline drinking water as an adjunct in the treatment of reflux disease. Annals of Otology, Rhinology & Laryngology. 2012 Jul;121(7):431-4.
  2. Yu-lian WA. Preliminary observation on changes of blood pressure, blood sugar and blood lipids after using alkaline ionized drinking water [J]. Shanghai Journal of Preventive Medicine. 2001;12:005.
  3. Weidman J, Holsworth RE, Brossman B, Cho DJ, Cyr JS, Fridman G. Effect of electrolyzed high-pH alkaline water on blood viscosity in healthy adults. Journal of the International Society of Sports Nutrition. 2016 Nov 28;13(1):45.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *